Mengenal Post-concert Depression, Perasaan Hampa yang Muncul usai Nonton Konser dan Cara Mengatasinya

Mengenal Post-concert Depression, Perasaan Hampa yang Muncul usai Nonton Konser dan Cara Mengatasinya

Gaya Hidup | sindonews | Jum'at, 25 Oktober 2024 - 03:30
share

Post-concert depression atau PCD merupakan perasaan yang dialami oleh seseorang yang baru saja menghadiri sebuah konser. Meskipun PCD bukan sebuah diagnosis, tetapi perasaan hampa yang Anda alami adalah valid dan banyak orang yang merasakannya.

Biasanya perasaan hampa, sedih, atau kosong itu dialami oleh seseorang satu hari setelah datang ke konser. Perubahan yang menurun secara drastis saat konser selesai mengakibatkan perasaan yang sangat bahagia berubah menjadi sedih. Hal tersebut merupakan salah satu faktor terjadinya post-concert depression.

Seseorang takut bahwa rasa atau euforia yang sudah dialaminya tidak akan terjadi lagi selamanya. Perasaan bahagia dan senang saat menghadiri konser merupakan happy dopamine yang kita butuhkan untuk sejenak melupakan segala urusan dari dunia. Rasa excited dan tidak sabar saat menunggu hari konser tiba juga merupakan masa-masa yang akan kita kenang saat konser tersebut selesai.

Baca Juga: Apa itu Ransomware Lockbit? Simak Penjelasannya!

Mengalami penurunan perasaan secara drastis membuat seseorang merasa hampa dan kosong, mengingat bahwa konser tersebut sudah selesai dan kita harus kembali menjalani hari-hari seperti biasa.

Post-concert depression tidak boleh dibiarkan bertahan terlalu lama, karena hal tersebut dapat men-trigger masalah kesehatan jiwa yang lain. Jika Anda merasakan atau mengalami situasi PCD, ada baiknya dibicarakan dengan orang terdekat seperti teman atau pasangan.

Meskipun perasaan tersebut masuk ke dalam perasaan yang positif, tetapi jika terus-menerus dipendam, tidak akan baik akibatnya.

Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan apabila mengalami post-concert depression atau PCD.

1. Menerima Kenyataan

Memang pahit, namun menerima kenyataan setelah menonton konser diperlukan untuk kita semua agar terbebas dari masa-masa post-concert tersebut.

2. Ngobrol dengan Teman dan Fans Lain

Membicarakan konser yang baru saja dihadiri dengan teman atau fans lainnya adalah suatu hal yang perlu dilakukan. Membagikan pengalaman yang sama dengan teman dapat melepaskan perasaan rindu dari konser tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Parasocial Relationship? Istilah yang Sering Diucapkan Gen Z

3. Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Ada baiknya jika Anda mengalami PCD untuk mengonsumsi makanan tinggi protein, karena hal tersebut dapat meningkatkan serotonin di dalam tubuh. Makanan tinggi protein misalnya daging ayam, selai kacang, ikan salmon, telur, dan daging sapi tanpa lemak.

4. Melakukan Yoga atau Olahraga

Melakukan yoga atau olahraga dapat membantu pikiran Anda menjadi lebih tenang dan rileks serta mendistraksi pikiran dari post-concert depression.

5. Berjalan Santai Menikmati Dunia

Jika Anda terjebak dalam euforia konser tersebut, ada baiknya untuk melakukan jalan santai keluar rumah, atau sekadar mencari angin. Menikmati angin sepoi-sepoi dan udara yang sejuk dapat membuat Anda merasa lebih tenang.

Nah, itu tadi pengertian PCD atau post-concert depression dan cara mengatasinya. Semoga informasi ini berguna untuk Anda. MG/Hafiza Khosyi Kamila

Topik Menarik