7 Makanan untuk Tingkatkan Imunitas Anak, Cocok Dikonsumsi saat Musim Flu dan Batuk

7 Makanan untuk Tingkatkan Imunitas Anak, Cocok Dikonsumsi saat Musim Flu dan Batuk

Gaya Hidup | inews | Kamis, 26 September 2024 - 12:05
share

JAKARTA, iNews.id - Tujuh makanan untuk meningkatkan imunitas anak yang akan dibahas di artikel ini sangat mudah dibuat. Bahan-bahannya pun banyak ditemukan di dapur dan harganya murah.

Makanan yang bisa meningkatkan imunitas patut diketahui oleh para orangtua, terlebih saat ini sedang marak penyakit flu dan batuk. Penyakit tersebut mudah sekali menyerang anak-anak, makanya makanan ini bisa jadi senjata melawan penyakit.

So, apa saja makanan tersebut? Berikut ulasan selengkapnya untuk Anda:

7 Makanan untuk Tingkatkan Imunitas Anak saat Musim Penyakit Flu dan Batuk

Di musik penyakit flu dan batuk seperti sekarang ini, selain memastikan kebersihan si kecil, orangtua perlu memastikan nutrisi tubuh anak tercukupi. Artinya, gizi seimbang mesti tercapai, ya, salah satunya dengan mengonsumi makanan yang tepat.

Dengan makanan yang bergizi, tubuh anak akan menyerap vitamin dan mineral secara maksimal, sehingga imunitas terjaga dengan baik. Jadi, si kecil tetap sehat meski teman-temannya mungkin sakit.

Berikut makanan yang bisa meningkatkan imunitas anak:

1. Sup

Cara kerja makanan berkuah mirip seperti air hangat yang mengencerkan lendir di saluran hidung. Tak hanya itu, kaldu makanan berkuah juga diperkaya oleh berbagai zat gizi yang bisa bantu memperkuat imun anak, seperti protein dari daging serta vitamin dan mineral dari sayuran.

Kolagen dan asam amino yang ditemukan dalam kaldu ayam juga dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

2. Jahe

Jahe dapat menjadi pilihan obat batuk pilek alami untuk anak usia setahun ke atas.

Menariknya, jahe juga dapat menghalau rasa mual yang mungkin muncul ketika si kecil sering membuang dahak atau ingus saat batuk pilek.

Anda bisa merebus irisan jahe yang sudah diparut atau dihancurkan, kemudian saring. Lalu, diamkan hingga airnya hangat suam-suam kuku. Tuang ke dalam gelas. Si kecil boleh meminumnya.

Makanan tinggi vitamin C (Foto: iStock)
Makanan tinggi vitamin C (Foto: iStock)

3. Makanan Tinggi Vitamin C

Supaya gejala bapil pada anak setahun ke atas dapat pulih, Anda perlu meningkatkan sistem imunnya dengan menambahkan makanan tinggi vitamin C pada menu makanan sehari-hari.

Jenis makanan tinggi vitamin C antara lain, jeruk, jambu biji, lemon, brokoli, hingga tomat. Olah berbagai bahan makanan ini menjadi menu makanan utama ataupun camilan.

4. Sup Kacang Merah

Salah satu olahan kacang-kacangan yang dianjurkan meredakan flu adalah sup kacang merah. Kacang-kacangan yang mengandung selenium dan seng sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Susu

Kandungan vitamin dan mineral dalam susu tidak diragukan lagi. Gejala pilek dapat dikurangi dengan minum susu karena vitamin D yang dominan. Kekurangan vitamin D dapat membuat sistem kekebalan tubuh menurun.

Ikan salmon dan susu terbukti mampu meningkatkan imunitas tubuh anak. (Foto: iStock)
Ikan salmon dan susu terbukti mampu meningkatkan imunitas tubuh anak. (Foto: iStock)

6. Ikan Salmon

Protein dan asam lemak omega-3 yang terdapat pada ikan salmon sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan meningkatnya imunitas, virus dan bakteri penyebab flu dapat dilawan.

7. Madu

Madu memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang bisa meredakan peradangan dan iritasi di tenggorokan. Konsumsi madu juga dapat mengurangi sekresi lendir, sehingga gejala batuk bisa diredakan.

Menjadi perhatian adalah madu tidak disarankan untuk diberika ke bayi berusia di bawah 12 tahun, karena adanya risiko penyakit botulisme atau keracunan langka yang disebabkan racun yang menyerang saraf.

Jadi, itu dia tujuh makanan untuk tingkatkan imunitas anak yang cocok dikonsumsi saat musim batuk pilek seperti sekarang ini. Semoga informasi ini membantu.

Topik Menarik