Morning Update: Sederet Kelebihan Sayuran Hidroponik, Panen Cepat hingga Lebih Sehat

Morning Update: Sederet Kelebihan Sayuran Hidroponik, Panen Cepat hingga Lebih Sehat

Gaya Hidup | inews | Kamis, 26 September 2024 - 13:10
share

JAKARTA, iNews.id - Sederet kelebihan sayuran hidroponik ini patut diketahui. Tak sekadar lebih sehat, tapi ada fakta lain yang menarik untuk disimak.

Bercocok tanam hidroponik menjadi solusi bagi masyarakat urban yang tidak memiliki lahan luas. Selain itu, teknik berkebun ini dianggap lebih sederhana, karena tidak memerlukan medium tanah.

Sayuran yang dihasilkan hidroponik pun dianggap lebih sehat ketimbang sayuran yang dipanen secara konvensional. Benarkah hal itu?

Sayuran hidroponik diklaim lebih sehat, karena minum senyawa kimia. (Foto: iNews TV)
Sayuran hidroponik diklaim lebih sehat, karena minum senyawa kimia. (Foto: iNews TV)

Menurut Satria Giandra, pengelola tanaman hidroponik, banyak faktor yang membuat sayuran hidroponik diklaim lebih sehat. Namun, salah satu yang pasti, katanya, kandungan senyawa kimia di dalam tanaman hidroponik lebih sedikit.

"Bercocok tanam hidroponik tidak membutuhkan senyawa kimia yang banyak. Ini membuat sayuran lebih sehat," kata Satria dalam program Morning Update iNews TV, Kamis (26/9/2024).

Kemudian, sayuran hidroponik dinilai lebih sehat karena waktu panen lebih pendek ketimbang sayuran konvensional. Misalnya saja varietas selada, sambung Satria, dengan hidroponik bisa dipanen dalam waktu sebulan.

"Pada varietas selada, kalau ditanam secara konvensional umumnya membutuhkan waktu tiga bulan sampai dipanen. Tapi, kalau hidroponik, sebulan sudah bisa dipanen," ungkap Satria.

"Kalau kangkung, dengan teknik hidroponik bisa dipanen 2 minggu, tak butuh sebulan," sambungnya.

Karena lebih sehat dan dipanen dalam durasi yang lebih singkat, Satria mengatakan, itu juga menjadi alasan sayuran hidroponik biasanya punya tekstur lebih 'crunchy' saat dimakan. Warnanya pun lebih hijau cerah. 

Topik Menarik