Panas Terik! Lakukan 4 Hal Ini Biar Nyaman Beraktivitas di Luar Ruangan

Panas Terik! Lakukan 4 Hal Ini Biar Nyaman Beraktivitas di Luar Ruangan

Gaya Hidup | inews | Minggu, 8 September 2024 - 18:34
share

JAKARTA, iNews.id - Cuaca panas terik dikeluhkan masyarakat belakangan ini. Tak hanya mereka yang tinggal di Pulau Jawa, tapi juga di wilayah lain. Cuaca panas terik ini hampir merata di seluruh Indonesia.

Kata 'panas' bahkan sempat bertengger di daftar trending topic X. Di X, netizen mengeluhkan panasnya cuaca saat ini.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), peningkatan suhu udara khususnya di wilayah Pulau Jawa akan berlangsung hingga Oktober 2024. Hal ini terkait dengan periode musim kemarau.  

Karena akan berlangsung dalam durasi panjang, masyarakat diimbau untuk memperhatikan hal-hal di bawah ini agar aktivitas di luar ruangan tetap nyaman. Jangan sampai cuaca panas ekstrem menyebabkan masalah kesehatan, salah satunya heat stroke atau dehidrasi berkepanjangan.

Berikut ini tips tetap nyaman beraktivitas di luar ruangan saat cuaca panas terik:

1. Bawa kipas portable

Jika punya, tidak ada salahnya untuk Anda bawa kipas portable saat keluar rumah. Alat ini setidaknya dapat mengurangi rasa gerah di tubuh gegara gegara cuaca panas terik.

2. Gunakan pakaian yang nyaman

Pastikan juga menggunakan pakaian yang nyaman saat beraktivitas di luar ruangan saat cuaca panas. Pakaian yang nyaman itu salah satunya yang berbahan katun, karena bisa menyerap keringat.

Disarankan untuk menghindari pakaian berbahan wol atau kulit. Selain kurang nyaman, pakaian tersebut juga tak menyerap keringat dengan baik sehingga mempercepat terjadinya dehidrasi.

Minum air putih yang cukup
Minum air putih yang cukup

3. Minum air putih yang cukup

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pastikan minum air putih yang cukup. Jangan malas minum air putih, karena dapat mencegah dehidrasi.

Di cuaca panas terik seperti sekarang, tidak disarankan banyak minum minuman tinggi kafein, karena bisa memicu rasa ingin buang air kecil dan itu bisa mempercepat proses dehidrasi.

4. Pakai sunscreen

Hal yang tak kalah penting adalah menggunakan sunscreen. Ini berlaku untuk pria maupun wanita. Bahkan, anak-anak sudah boleh dipakainya sunscreen agar mencegah paparan sinar matahari langsung ke kulit mereka.

Disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 50 agar kulit lebih lama terlindungi dari sinar matahari. Gunakan sunscreen yang ringan, sehingga tidak membuat kulit terasa tidak nyaman.

Jadi, itu dia beberapa tips nyaman beraktivitas di luar ruangan saat cuaca panas terik. Semoga informasi ini bermanfaat.

Topik Menarik