Bela Nasib Pencipta Lagu Asmalibrasi, Fanny Soegi Sindir Soegi Bornean: Band Kok Serakah! 

Bela Nasib Pencipta Lagu Asmalibrasi, Fanny Soegi Sindir Soegi Bornean: Band Kok Serakah! 

Gaya Hidup | inews | Minggu, 8 September 2024 - 14:12
share

JAKARTA, iNews.id - Kisruh antara Fanny Soegi dengan band Soegi Bornean masih berlanjut di X. Fanny membongkar informasi yang selama ini dia simpan rapat-rapat kepada publik soal nasib pencipta lagu Asmalibrasi yang belum sejahtera.

Padahal, kata Fanny Soegi, lagu Asmalibrasi mengantongi royalti lagu mencapai setengah miliar rupiah, tapi tak berbanding lurus dengan kehidupan pencipta lagunya.

Ya, menurut Fanny, pencipta lagu Asmalibrasi bahkan sempat meminjam uang untuk bayar sekolah anak. Miris sekali, dan Fanny menduga ada korupsi dan upaya keserakahan yang terjadi.

"Bayangin aja, lagu Asma ini yang kalian dengar di mana-mana, penciptanya sampai minjem uang untuk bayar sekolah anaknya. Nominal dari royalti lagu ini nggak main-main, setengah miliar lebih ada, tapi justru orang-orang yang nggak punya hak dapat paling banyak dan nggak transparan," ungkap Fanny di X, dikutip iNews.id, Minggu (8/9/2024).

Dimectirta, pencipta lagu Asmalibrasi
Dimectirta, pencipta lagu Asmalibrasi

Fanny melanjutkan, "Orang-orang yang gak berhak itu bisa beli dua mobil sekaligus, gitar mahal, foya-foya. Sedangkan pencipta lagu Asma masih ngontrak di Jogja, mana atapnya jebol lagi."

Dia menegaskan bahwa keresahannya itu bukan soal nominal yang tidak merata dibagikan, melainkan nurani seorang manusia yang tidak hadir di sana.

"Bukan nominal yang aku garis bawahi, tapi nurani kalian. Band-bandan kok serakah, nggak keren blas," kata Fanny.

Fanny cerita kalau sejatinya dia sudah sejak lama ingin mengutarakan keresahan ini, tapi dia menerima 'celetukan' yang sifatnya seperti mengancam.

"Fanny lupa toh kalau di belakang ini orang-orang penting?" Iya aku tahu kalian jurnalis, meskipun aku sendirian, aku nggak takut, aku masih berpegang teguh rasa adil," tuturnya.

"Sekarang aku nggak takut ancaman, aku perempuan, aku berpegang teguh keadilan," tambah Fanny Soegi.

Sebagai informasi, pencipta lagu Asmalibrasi adalah Fanny Soegi dan Dhimas Tirta Franata atau dimectirta. Tak hanya lagu Asmalibrasi, Fanny dan Dhimas juga menciptakan tujuh lagu lainnya, yaitu Raksa, Saturnus, Pijaraya, Haribaan, Kala, Samsara, dan Aguna.

Topik Menarik