Belanja Parfum hingga Skincare adalah Kesukaan Gen Z

Belanja Parfum hingga Skincare adalah Kesukaan Gen Z

Gaya Hidup | serpong.inews.id | Rabu, 4 September 2024 - 06:50
share

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Gen Z suka jajan parfum hingga skincare. Ini menjadi bukti anak muda zaman now mencintai 'self-care'.

Konsep glow up sedang marak di generasi muda. Mereka berlomba-lomba untuk bisa tampil semenarik mungkin, tanpa harus jadi orang lain. Gerakan ini ternyata membuat gen Z suka jajan parfum hingga skincare. 

Ya, dua barang itu sedang marak diulik anak muda. Tidak heran semakin banyak jenama parfum lokal maupun skincare lokal baru muncul. Kualitas yang ditawarkan pun cukup baik. 

Self-care sendiri menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) didefinisikan sebagai segala sesuatu yang berkaitan dengan kesehatan fisik dan mental. Dengan memiliki waktu untuk merawat diri, orang bisa menjalani hidup dengan lebih puas dan bahagia. 

Laman Active Minds bahkan menerangkan kalau self-care punya korelasi yang berarti terhadap kesehatan mental seseorang. Artinya, jika seseorang memperhatikan dirinya dengan baik, maka kesehatan mentalnya pun ikut membaik. 

Gen Z suka jajan skincare demi menjaga agar kulitnya tetap sehat

Gen Z suka jajan skincare demi menjaga agar kulitnya tetap sehat

"Dengan merawat diri, seseorang dapat mengalihkan perhatian dari emosi yang negatif dan lebih bisa mengontrol emosi saat akan mengambil keputusan," ungkap laporan tersebut. 

Salah satu bentuk merawat diri adalah dengan memperhatikan penampilan. Chintia, seorang mahasiswi di Jakarta, menerangkan kalau dirinya semakin serius memperhatikan penampilan. Tak semata agar dapat pujian orang lain, tapi sebagai bentuk 'self-love'. 

"Kalau kita ngerasa bersih dan wangi, ya, tentu akan muncul rasa percaya diri dan itu yang membuat mood baik," kata Chinthia pada iNews.id, belum lama ini. 

Selain skincare, Gen Z juga suka jajan parfum untuk memaksimalkan tampilannya.

Selain skincare, Gen Z juga suka jajan parfum untuk memaksimalkan tampilannya.

Lebih lanjut, Vice General Manager Miniso of Indonesia Chialyanti Go menerangkan kalau terjadi peningkatan pembelian pada Gen Z untuk beberapa produk, seperti parfum, skincare, mainan, hingga tas. 

"Anak muda sekarang banyak membeli parfum dan skincare. Ya, mungkin karena mereka sudah semakin aware sama dirinya," katanya saat ditemui di Miniso Land di Central Park Jakarta. 

Soal parfum, bahkan anak zaman sekarang punya ketertarikan untuk punya lebih dari satu parfum. Ini pun terjadi kemungkinan karena kebutuhan mereka semakin spesifik, sehingga jenis parfum akan disesuaikan dengan waktu atau lokasi tujuan.

(*)

Topik Menarik