Inovasi Kacang Mede Lokal Raih Penghargaan Top Innovation Choice Award 2024

Inovasi Kacang Mede Lokal Raih Penghargaan Top Innovation Choice Award 2024

Gaya Hidup | muria.inews.id | Selasa, 27 Agustus 2024 - 16:40
share

JAKARTA, iNewsMuria - Brand lokal dengan produk alternatif susu dan protein berbasis nabati, Arummi Foods, belum lama ini menghadirkan inovasi Arummi Cashew Milk. Produk inovatif ini tidak hanya tidak hanya sehat tetapi juga enak dan disukai anak-anak.

Inovasi produk ini memanfaatkan kacang mede lokal, yang dikenal kaya akan nutrisi penting seperti asam folat, tembaga, dan magnesium. Co-Founder dan COO Arummi Foods, Raja Aulia Rezza Abdalla mengungkapkan, produk ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang mencari opsi susu yang lebih sehat, terutama bagi mereka yang memiliki intoleransi laktosa atau alergi susu hewani.

“Proses pengembangan Arummi Cashew Milk melibatkan riset mendalam dan pengujian untuk memastikan produk memenuhi standar kesehatan dan preferensi konsumen,” kata Raja Aulia, dalam keterangannya, Selasa (27/8/2024).

Motivasi utama di balik inovasi ini menurut Raja, adalah keinginan untuk memperkenalkan produk susu yang lezat dan sehat menggunakan bahan-bahan lokal Indonesia. Kacang mede, meskipun memiliki potensi besar, sebelumnya belum dimanfaatkan secara optimal di pasar domestik.

“Arummi berkomitmen untuk memanfaatkan bahan ini tidak hanya untuk memberikan alternatif yang lebih sehat tetapi juga untuk mendukung industri lokal dan mengurangi ketergantungan pada produk impor,” bebernya.

Namun untuk mengembangkan inovasi tersebut, Arummi menghadapi berbagai tantangan dalam mengedukasi pasar tentang manfaat susu nabati, khususnya susu mede, yang masih tergolong baru bagi konsumen Indonesia. Untuk mengatasi persoalan itu, pendekatan konsumen dan riset pasar yang mendalam akhirnya dapat memenuhi harapan pelanggan.

“Feedback konsumen sangat berharga dalam mengembangkan produk, mulai dari rasa hingga kemasan, sehingga dapat menghadirkan produk yang sesuai dengan ekspektasi mereka,” terangnya.

Menariknya, inovasi yang dihadirkan Arummi tidak hanya memperkaya pilihan produk bagi konsumen tetapi juga berdampak positif pada industri susu nabati di Indonesia. Kesadaran konsumen terhadap produk susu nabati lokal yang berkualitas tinggi semakin meningkat, dan Arummi turut mendorong pertumbuhan industri ini serta meningkatkan nilai tambah kacang mede di dalam negeri.

Berkat inovasi tersebut, Arummi merai penghargaan bergengsi, Top Innovation Choice Award 2024 dari Infobrand.id dan Tras N Co Indonesia, karena inovasinya yang mengesankan dengan Arummi Cashew Milk.

“Penghargaan yang diterima menjadi indikator bahwa Arummi berhasil memanfaatkan komoditas lokal secara optimal dan menyajikan produk yang bermanfaat bagi kesehatan,” ujarnya.

Raja membocorkan, yang membedakan inovasi produknya dengan kompetitor adalah pada tekstur yang creamy dan rasa nutty serta gurih khas kacang mede. Produk ini tersedia dalam dua varian; Classic dan Barista. Varian Classic tidak hanya menyajikan rasa yang lezat tetapi juga dilengkapi dengan vitamin dan mineral, termasuk asam folat yang bermanfaat untuk kesehatan wanita.

“Untuk varian Barista, dengan kandungan gula yang rendah, menawarkan rasa creamy yang cocok untuk campuran berbagai minuman,” ujar Raja.

Raja menambahkan, Arummi mendukung inovasi dalam organisasi dengan menciptakan lingkungan kerja yang kolaboratif dan terbuka terhadap ide-ide baru. Contohnya saat pengembangan Arummi Cashew Milk Barista, tim internal yang terdiri dari ahli gizi dan riset dan pengembangan bekerja sama dengan barista terkemuka seperti Mikael Jasin untuk mengembangkan produk yang tidak hanya sehat tetapi juga cocok untuk berbagai kreasi minuman.

Selain itu, kesehatan menjadi hal utama tanpa harus mengorbankan cita rasa, dan inovasi yang dilakukan Arummi ini ditujukan untuk mendukung visi jangka panjang perusahaan untuk menjadi pemimpin dalam industri susu nabati di Indonesia dan membuktikan bahwa produk lokal Indonesia dapat bersaing di pasar global dengan kualitas yang tinggi.

“Kami sangat menghargai dukungan yang telah memungkinkan kami meraih penghargaan ini dan berharap dapat terus berkolaborasi serta menciptakan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan,” tandasnya.

Topik Menarik