Ini Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Gigi Sensitif

Ini Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Gigi Sensitif

Gaya Hidup | okezone | Kamis, 22 Agustus 2024 - 14:45
share

GIGI sensitif memang kerap menjadi penghalang kita menikmati kuliner. Mereka yang menderita gigi sensitif biasanya menghindari makanan yang terlalu dingin ataupun terlalu panas.

Oleh karena itu, untuk mengurangi agar gigi berlubang itu tidak bertambah parah, kita bisa melindunginya dengan pasta gigi. Salah satu pendiri Bentodent Dr. Neha Chhabra mengatakan banyak pasta gigi untuk gigi sensitif yang mengandung nitrat dan trifluorida, namun ia menyarankan untuk memilih pasta gigi dengan bahan alami.

"Pasta gigi ini terbuat dari bahan-bahan seperti tanah liat bentonit, cengkeh, propolis, dan daun jambu biji, yang secara efektif meminimalkan sensitivitas serta menghilangkan iritasi dan perubahan rasa yang sering dikaitkan dengan bahan kimia, ujarnya seperti dilansir dari Hindustan Times.

Selain menyikat gigi, membersihkan gigi dengan benang setiap hari menghilangkan plak dan bakteri yang menumpuk di gusi serta meningkatkan kesehatan gusi kepekaan.Ia juga menyarankan minum banyak air setiap hari untuk membersihkan partikel makanan dan mengurangi efek minuman asam atau bergula.

"Kalsium penting untuk gigi yang kuat, jadi masukkan produk susu seperti yogurt dan keju ke dalam makanan Anda untuk meningkatkan perawatan mulut," tambahnya.

Ingatlah untuk menggunakan obat kumur bebas alkohol atau herbal untuk meningkatkan perlindungan email. Makanlah dengan penuh perhatian, nikmati camilan secukupnya, dan bilas mulut Anda hingga bersih setelah makan.

Dr. Sheetal Kochhar, Konsultan Kedokteran Gigi Umum, Endodontik, Endodontik, Endodontik dan Kedokteran Gigi Kosmetik, Max Multi Specialty Center, mengatakan bahwa untuk menghindari sensitivitas, seseorang harus melakukan pemeriksaan kesehatan mulut secara teratur. Jangan lupa jelaskan bahwa Anda harus menggunakan pasta gigi yang tidak menyebabkan sensitivitas untuk membantu mengurangi gejala.

"Dokter gigi Anda dapat membantu Anda memilih pasta gigi yang tepat. Fluorida yang diberikan oleh dokter gigi Anda juga dapat membantu memperkuat gigi dan mengurangi sensitivitas," kata Kochar.

Perawatan lain untuk mencegah gigi sensitif antara lain terapi saluran akar, usapan lembut dengan sikat gigi berbulu halus, cangkok gusi untuk menutupi permukaan akar yang terbuka, dan bagi orang yang mempunyai kebiasaan menggemeretakkan gigi email agar tidak terkikis. Anda juga harus menghindari makanan asam dan banyak minum air putih setelah makan untuk menjaga keseimbangan keasaman di mulut Anda.

Topik Menarik