Viral Bapak Kos di Semarang Makan Kucing, Dokter Penyakit Dalam Beberkan Faktanya

Viral Bapak Kos di Semarang Makan Kucing, Dokter Penyakit Dalam Beberkan Faktanya

Gaya Hidup | semarang.inews.id | Minggu, 11 Agustus 2024 - 13:20
share

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Viral di media sosial seorang pria berinisial NY di Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah kedapatan sering makan daging kucing, belum lama ini. Kebiasaan nyeleneh bapak kos berusia 63 tahun itu diketahui usai digerebek warga.

Dia berdalih kerap mengonsumsi daging kucing sebagai obat diabetes. Hal ini lantas menjadi perhatian berbagai pihak. Tak terkecuali, Dokter Penyakit Dalam subspesialis Konsultan Gastroenterologi dan Hepatologi Ari Fahrial Syam.

Melalui kanal YouTubenya, dokter Ari menegaskan, informasi terkait daging kucing sebagai obat diabetes itu dipastikan hoaks alias tidak benar.

Saya sampaikan, pertama, informasi itu adalah hoaks atau tidak benar. Daging kucing jika dikonsumsi itu tidak bisa mengobati penyakit diabetes melitus, katanya dokter Ari, melalui kanal YouTubenya, Apa Kata Dokter Ari, Sabtu, (10/8/2024).

Dokter Ari lantas memberikan edukasi terkait penyakit diabetes melitus agar masyarakat tidak salah kaprah. Menurutnya, diabetes merupakan penyakit kronis yang akan diidap seumur hidup oleh penderita.

Kita tahu, penyakit diabetes melitus ini adalah suatu penyakit kronis, ketika seseorang sudah ditetapkan diabetes melitus maka seumur hidup dia kita katakan sebagai penderita diabetes melitus, katanya.

Alih-alih dengan mengonsumsi daging kucing, dokter Ari lantas membeberkan sejumlah penanganan yang dilakukan untuk penderita penyakit diabetes melitus. Terutama dengan mengontrol berat badan, pola makan, menghindari gula, dan menerapkan pola hidup yang sehat.

Dan bagaimana mengatasi penyakit diabetes melitus? Ada dua hal. Pertama adalah perubahan gaya hidup. Jadi yang bersangkutan itu harus mengontrol berat badannya. Tentu juga harus mengurangi mengonsumsi terutama yang mengandung gula, ujar dia.

Kemudian hal yang lain adalah dengan olahraga secara teratur. Dan gaya hidup yang sehat tentunya, istirahat yang cukup, katanya.

Selain itu, penderita diabetes melitus juga wajib memerhatikan jumlah asupan kalori sebagai penanganan selanjutnya. Dalam beberapa kasus, penderita diabetes melitus juga memerlukan mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Dan kemudian yang kedua adalah tentu harus memerhatikan jumlah asupan kalori yang dibutuhkan. Dan hal yang ketiga. Bicara soal obat-obatan. Secara umum, obat-obatan untuk pasien penderita diabetes melitus ini adalah obat-obatan untuk pertama, meningkatkan resistensi insulin, katanya.

Kita tahu gula darah itu diserap oleh organ tubuh karena adanya insulin. Kemudian obat-obatan yang meningkatkan produksi insulin. Secara umum demikian. Jadi sekali lagi, tidak mudah untuk menerima informasi bahwa daging kucing itu bisa mengobati orang dengan diabetes melitus, ujarnya.

Topik Menarik