Singapura Termasuk 10 Kota Termahal bagi Orang Kaya di Dunia

Singapura Termasuk 10 Kota Termahal bagi Orang Kaya di Dunia

Gaya Hidup | serpong.inews.id | Rabu, 3 Juli 2024 - 07:00
share

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Kota Singapura menjadi kota termahal di dunia bagi orang kaya pada tahun 2024. Menurut laporan Julius Baer, terdapat sejumlah faktor yang mempengaruhi, mulai dari tingginya harga properti, biaya kepemilikan mobil yang selangit, dan mahalnya layanan kesehatan swasta. 

Mengutip CNBC International, Bank Swiss menganalisis harga 20 barang dan jasa yang dibeli dan digunakan oleh individu dengan kekayaan bersih tinggi di 25 kota yang disurvei dalam kota termahal di dunia.

“Biaya hidup yang sangat layak yang mencakup mobil, wiski, perhiasan dan perumahan, telah meningkat di Singapura," kata Bank Swiss dalam Laporan Kekayaan dan Gaya Hidup Global.

Selain itu, Bank Swiss menyebut negara kota tersebut terus menarik perhatian berbagai kalangan, termasuk masyarakat dari kelas sangat kaya karena stabilitas ekonomi dan politiknya.

“Pemerintah Singapura bekerja keras untuk menjadikan negara ini menarik bagi bisnis global dan orang-orang kaya, dan mata uangnya tetap kuat. Semua ini tercermin dalam statusnya sebagai kota termahal di dunia,” menurut laporan tersebut.

Adapun, harga kepemilikan mobil di Singapura, yang termahal secara global dengan rata-rata 2,5 kali lipat, melonjak 15 persen dari tahun sebelumnya dalam dolar AS. 

 

Sementara, biaya pendidikan swasta naik hampir 14 persen, tas dan sepatu wanita menjadi lebih mahal 10 persen. Selain itu, harga jas dan jam tangan pria naik lebih dari 5 persen.

Hong Kong menyusul posisi Singapura dalam daftar kota termahal di dunia, dan mengalahkan Shanghai. Kota ini menduduki peringkat sebagai kota termahal untuk menyewa pengacara dan termahal kedua untuk pembelian properti.

London menempati posisi ketiga dalam daftar tersebut karena Inggris sudah keluar dari jurang resesi pada bulan lalu, penguatan poundsterling pada tahun 2023, dan berlanjutnya penyesuaian ekonomi dari normalisasi pasca-Brexit.

Pendidikan sekolah swasta di kota ini merupakan yang termahal secara global, dengan biaya yang meningkat hampir 14 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Suite dan perhiasan hotel di London merupakan barang termahal kedua dari 25 kota, dengan harga masing-masing melonjak sebesar 38,3 persen dan 17 persen.

Berikut daftar 10 kota termahal bagi orang kaya di dunia bagi menurut Julius Baer:

1. Singapura
2. Hongkong
3. London
4. Shanghai
5. Monako
6. Zürich
7. New York
8. Paris
9. Sao Paulo
10. Milan

(*)

Topik Menarik