Sejarah Rujak yang Masuk Jajaran Salad Terenak di Dunia

Sejarah Rujak yang Masuk Jajaran Salad Terenak di Dunia

Gaya Hidup | okezone | Selasa, 4 Juni 2024 - 14:17
share

RUJAK dan asinan buah berhasil masuk dalam 5 salad terenak di dunia versi Taste Atlas. Rujak berhasil menepati urutan kedua sebagai salah terenak di dunia versi Taste Atlas.

Rujak mendapat rating 4,1 dari 5 sedangkan asinan buah mendapat rating 3,4 dari 5 dan mengalahkan salad lainnya dari Amerika Serikat. Di Indonesia, rujak merupakan sajian buah potong dan disantap dengan sambal yang diulak bersama gula merah. Rasa segar dari buah-buahan di rujak ini tentu sangat nyaman di lidah orang Indonesia.

Namun, tahukah Anda sejarah dari rujak yang berhasil masuk dalam 5 salad buah terenak di dunia versi Taste Atlas?

Melansir Indonesia Kaya, rujak buah merupakan salah satu makanan yang dibanggakan warga Indonesia. Sekilas, rujak memang tak berbeda dengan salad buah lainnya. Namun bila diperhatikan, rujak biasanha hanya menggunakan buah-buahan tropis yang segar seperti jambu air, mangga muda, pepaya muda, bengkoang, nanas dan masih banyak lagi.

Dari laman Satmesin, istilah rujak memiliki arti ‘campuran’. Rujak sendiri juga merupakan makanan Jawa kuno yang sudah ada sejak zaman kerajaan Mataram. Awalnya, rujak ini juga disebut dengan Rurujak.

Di budaya Jawa, rujak adalah bagian penting dari upacara pralahir yang disebut naloni mitoni atau tujuh bulanan. Upacara ini di maksud untuk mendoakan calon ibu agar persalinan berlangsung lancar.

Topik Menarik