Awas Jangan Berlebihan, Ini 7 Makanan Penyebab Kentut

Awas Jangan Berlebihan, Ini 7 Makanan Penyebab Kentut

Gaya Hidup | purwokerto.inews.id | Senin, 3 Juni 2024 - 18:41
share

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Makanan penyebab kentut ini jika dikonsumsi berlebihan bisa menjadi sumber ketidaknyamanan. Meskipun kentut merupakan proses alami yang dirasakan setiap orang.

Kentut merupakan penanda jika tubuh manusia secara alami menghasilkan gas dari sebuah proses pencernaan. Mengkonsumsi makanan jadi salah satu faktor utama yang mempengaruhi proses produksi gas dalam tubuh.

Mengetahui jenis makanan penyebab kentut ini sangatlah penting untuk mengurangi frekuensi dan intensitas kentut. Dengan mengetahui makanan-makanan tersebut, dapat meningkatkan kenyamanan.

Berdasarkan keterangan ahli gastroenterologi seperti David Poppers, MD, Ph.D., dan Christine Lee, MD, mengatakan jika terdapat sejumlah makanan peyebab kentut, diantaranya mengandung karbohidrat yang sulit dicerna. Dikutip Okezone dari Mens Health, Senin (3/6/2024), berikut tujuh makanan penyebab kentut yang dapat Anda dihindari.

Makanan Penyebab Kentut

1. Buah Apel, Pisang, dan Persik

Buah-buahan mengandung serat dan gula alami bisa membantu melancarkan pencernaan. Namun, gula alami yang terdapat pada buah bisa menyebabkan pembentukan gas, jika tidak dicerna sepenuhnya oleh tubuh.

2. Oat dan Roti Gandum Utuh

Biji-bijian utuh seperti oat dan roti gandum juga mengandung serat yang tidak bisa dicerna oleh tubuh, sebab serat bisa mempercepat pergerakan makanan melalui saluran pencernaan. Akan tetapi, serat itu bisa menyebabkan gas jika tidak dicerna dengan baik dalam tubuh, khususnya jika dikonsumsi berlebihan.

3. Minuman bersoda

Minuman bersoda mengandung gas CO2 yang terperangkap di dalam cairan. Pada saat diminum, udara ekstra akan ikut tertelan dan terperangkap pada saluran pencernaan. Akibatnya, udara ekstra ini akan menghasilkan gas yang terbentuk dalam tubuh dan dikeluarkan melalui kentut.

4. Sayuran Berserat Tinggi

Sayuran seperti brokoli, kembang kol, kubis, dan kubis Brussel juga mengandung serat tinggi yang bisa meningkatkan produksi gas dalam sistem pencernaan, akibatnya dapat menyebabkan pembentukan gas yang dikeluarkan melalui proses kentut.

5. Pemanis Buatan

Pemanis buatan seperti sorbitol, erythritol, dan xylitol sepenuhnya tidak diserap oleh tubuh, sehingga bisa menyebabkan fermentasi oleh bakteri di usus besar. Akibat hal tersebut bisa menghasilkan gas yang dapat menyebabkan kembung dan kentut berlebihan.

6. Susu, Keju, dan Yogurt

Produk susu mengandung laktosa, ini merupakan sejenis gula yang tidak bisa dicerna oleh beberapa orang yang kekurangan enzim laktase. Pada sebagian orang, proses ini bisa menyebabkan gejala seperti kembung, sembelit dan menghasilkan gas yang dikeluarkan melalui kentut.

7. Kacang Polong

Kacang-kacangan diketahui juga mengandung serat dan gula yang tidak dapat dicerna dengan baik oleh tubuh. Serat ini sendiri mendukung kesehatan pencernaan, akan tetapi dapat memicu produksi gas saat dipecah oleh bakteri di usus besar.

Itulah tujuh makanan penyebab kentut yang dapat Anda dihindari. Semoga informasi ini bermanfaat.

Topik Menarik