Ikhfa Hakiki: Pengertian, Huruf dan Cara Baca

Ikhfa Hakiki: Pengertian, Huruf dan Cara Baca

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 12 Januari 2023 - 14:20
share

JAKARTA, iNews.id - Memahami pengertian Ikhfa Hakiki lengkap dengan huruf, cara baca, dan contohnya adalah salah satu pelajaran penting dalam belajar Ilmu Tajwid. Seperti diketahui, membaca Al Quran haruslah dilakukan dengan baik, benar, dan tartil.


Dalam Ilmu Tajwid, Ikhfa Hakiki termasuk satu dari beberapa hukum bacaan nun mati atau tanwin.

Hukum nun mati dan tanwin adalah hukum bacaan yang terjadi ketika terdapat nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf tertentu sudah dibagi dalam beberapa kategori.


Untuk itu, berikut adalah pengertian Ikhfa Hakiki beserta huruf, cara baca, dan contohnya yang dirangkum iNews.id, Kamis (12/1/2023).


Ikhfa Hakiki: Pengertian, Huruf, Cara Baca


Ikhfa Haqiqi artinya adalah menyamarkan atau menyembunyikan huruf Nun Sukun () maupun tanwin masuk ke dalam huruf hijaiyah yang berada di belakangnya atau sesudahnya.


Di dalam ilmu tajwid, hukum ikhfa haqiqi ini terjadi apabila ada Nun sukun ( ) dan juga tanwin ( , , ), baik itu fathah tanwin, kasrah tanwin, dan juga dhomah tanwin bertemu dengan 15 huruf hijaiyah, antara lain sebagai berikut:


- . (Ta, Ts, Dal, Dzal, Zai, sin, Syin, jim, shad, dhad, tha, dha, fa, qaf dan kaf).


Ke-15 huruf hijaiyah di atas tidak mengandung tasydid dan kita harus membacanya dengan dengung (ghunnah).


Cara membaca Ikhfa Hakiki yakni dengan cara mengeluarkan suara nun sukun atau tanwin , , dari dalam rongga hidung sampai terlihat samar atau bisa juga menjadi suara NG atau N.


Setelah itu dengungnya dipanjangkan hingga 1 (satu) 1 1/2 (satu setengah) Alif atau bisa kurang lebih 2 sampai 3 harakat. Setelah dipanjangkan, barulah masuk untuk membaca huruf sesudah nun mati ataupun tanwin tersebut.


Contoh Ikhfa Hakiki Dalam Al Qur\'an:


1. Surat Al Falaq ayat 2:



Cara Bara: Minngsyarri maa kholaq


2. Surat Al \'Ashr ayat 2:



Cara Bara: Innal inngsaana lafii khusrin


3. Surat Al Kaafirun ayat 3:



Cara Bara: Walaa anngtum \'abiduunamaa a\'bud.


4. Surat Al Falaq ayat 3:



Cara Bara: Wa minnsyarri ghasiqin idzaa waqab


5. Surat An Naas ayat 4:



Cara Bara: Minngsyarril waswaasil khonnaas.


Itulah ulasan mengenai pengertian Ikhfa Hakiki lengkap dengan huruf, cara baca, dan contohnya dalam Al Quran. Wallahualam bissawab

Topik Menarik