Infografis Buah-buahan yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Infografis Buah-buahan yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 7 Januari 2023 - 20:40
share

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak buah segar yang bisa dikonsumsi untuk membantu turunkan berat badan. Ya, buah yang rendah kalori dan kaya serat, bisa bermanfaat untuk membantu Anda selama proses diet.

Terlebih lagi, beberapa buah juga terbukti meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar atau nafsu makan. Adapun beberapa buah tersebut seperti apel, beri, dan melon.

Buah merupakan camilan siap saji alami yang dikemas dengan vitamin, serat, dan nutrisi lain yang mendukung pola makan sehat. Bagi yang tengah menjalankan diet, berikut adalah 5 buah terbaik yang bisa membantu turunkan berat badan.

Penasaran ingin tahu buah apa saja yang dapat dikonsumsi untuk membantu menurut berat badan? Berikut ulasannya dilansir dari Healthline (7/1/2023).

1. Jeruk Bali

Setengah jeruk bali, atau 123 gram (g), hanya mengandung 37 kalori, tetapi menyediakan 51 persen dari Nilai Harian (DV) untuk vitamin C. Terlebih lagi, grapefruit memiliki indeks glikemik (GI) rendah, yang berarti dapat melepaskan gula ke aliran darah lebih lambat. Diet GI rendah dapat membantu penurunan berat badan dan pemeliharaan berat badan, meskipun bukti terbatas.

Menariknya, ulasan terbaru menemukan, mengonsumsi jeruk bali dapat mengurangi lemak tubuh, lingkar pinggang, dan tekanan darah. Plus, jeruk bali memiliki tinggi naringenin, sejenis flavonoid dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat melindungi dari diabetes dan penyakit jantung.

2. Apel

Apel rendah kalori dan tinggi serat, dengan 116 kalori dan 5,4 g serat per buah besar (223 g). Penelitian menunjukkan, apel paling baik dimakan utuh daripada dijus, untuk mengurangi rasa lapar dan nafsu makan. Sedangkan dua penelitian yang terlebih dahulu mengatakan, jus apel dapat membantu kurangi lemak tubuh dibandingkan dengan minuman diet lain yang memilikijumlah kalori sama. Ekstrak polifenol apel terbuat dari salah satu senyawa alami, juga dikaitkan dengan peningkatan kadar kolesterol HDL (baik) dan penurunan peradangan.

3. Berry

Buah dalam jenis berry juga termasuk yang rendah kalori. Misalnya, satu cangkir (123 g) raspberry hanya mengandung 64 kalori tetapi menyediakan 36 persen DV untuk vitamin C dan mangan, serta 12 persen vitamin K. Buah beri juga terbukti dapat membuat seseorang kenyang. Selain itu, makan buah beri dapat membantu turunkan kadar kolesterol, tekanan darah, dan peradangan. Ini dapat membantu orang yang memilikikelebihan berat badan.

4. Kiwi

Kiwi sangat padat nutrisi dan memiliki vitamin C, vitamin K, folat, dan serat yang sangat baik. Kiwi memiliki manfaat kesehatan yang signifikan. Dalam penelitian lain, sebanyak 41 orang dengan prediabetes makan dua kiwi per hari selama 12 minggu. Mereka mendapatkan kadar vitamin C yang lebih tinggi, penurunan tekanan darah, dan pengurangan lingkar pinggang 3,1 sentimeter.

Studi tambahan mencatat, kiwi dapat membantu mengontrol gula darah, mengatasi- kolesterol, dan membuat usus sehat. Paling pentingnya dapat menurunkan berat badan.

5. Pisang

Saat diet, beberapa orang menghindari pisang karena kandungan gula dan kalorinya yang tinggi. Meskipun pisang lebih padat kalori daripada buah lain, pisang memiliki banyak nutrisi. Dalam buah pisang terdapat kalium, magnesium, mangan, serat, antioksidan, dan vitamin B6 serta C.

GI rendah dan sedang dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan mengatur berat badan. Terutama untuk orang yang menderita diabetes. Selain itu, dalam studi 2014 mengatakan, makan pisang per hari mengurangi gula darah dan kolesterol pada orang dengan kolesterol tinggi. Tentunya tak hanya mengonsumsi makanan tersebut, tetapi aktivitas fisik lainnya serta pola hidup sehat lainnya harus dijalankan secara beriringan untuk mendapat hasil yang diinginkan.

Topik Menarik