Pemilik Sinar Mas, Perusahaan Konglomerasi yang Punya Banyak Anak Usaha

Pemilik Sinar Mas, Perusahaan Konglomerasi yang Punya Banyak Anak Usaha

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 21 Desember 2022 - 18:46
share

JAKARTA, Lintasbabel.iNews.id - Pemilik Sinar Mas, perusahaan konglomerasi yang punya banyak anak usaha, menarik untuk dibahas. Sinar Mas diketahui berdiri sejak 1938, dengan nama Sinar Mas Group.

Per tahun 2006, nama Sinar Mas Group tidak lagi dipakai lantaran sudah tidak memilikiholding, melainkan sebuah President Office.

Lantas, siapa pemilik Sinar Mas? Berikut ulasan singkatnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Pemilik Sinar Mas

Keluarga Widjaja adalah pemilik Sinar Mas. Keluarga Widjaja meneruskan bisnis konglomerasi ini yang telah sukses didirikan oleh Eka Tjipta Widjaja. Eka wafat pada 2019 lalu, kemudian usahanya diteruskan oleh anak-anaknya.

Sosok Eka Tjipta Widjaja sendiri masih terus melekat sebagai pendiri dan pemilik Sinar Mas. Ia adalah pria yang lahir di Quanzhou, Cina, yang pindah ke Indonesia bersama ibunya, untuk menyusul ayahnya di Makassar, Sulawesi Selatan.

Eka Tjipta bukanlah seorang sarjana atau insinyur. Dia hanya tamatan SD. Namun, bakat bisnis didapatkannya dari toko milik ayahnya. Ia dengan penuh semangat membantu ayahnya untuk menjajakan dagangan secaradoor-to-door.


Pendiri Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja. Foto: Dok./ Sinar Mas.

Selain ahli dalam bisnis, Eka Tjipta Widjaja memiliki sebuah organisasi nirlaba bernama Eka Tjipta Foundation, yang kerap memberikan bantuan berupa beasiswa pendidikan. Kontribusinya di bidang sosial dan lingkungan pun cukup besar dan berdampak positif bagi masyarakat Indonesia.

Saat ini, Sinar Mas memiliki tujuh pilar bisnis, yakni pulp dan kertas, agribisnis dan pangan, layanan keuangan, pengembang dan realestat, telekomunikasi, energi dan infrastruktur, dan layanan kesehatan. Masing-masing pilar bisnis tersebut dikelola secara independen dan disatukan oleh nilai dan sejarah perusahaan.

Nah, itu tadi ulasan singkat tentang pemilik Sinar Mas, perusahaan konglomerasi yang punya banyak anak usaha. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda!

Artikel ini telah tayang di IDXChannel.com, dengan jurul : Siapa Pemilik Sinar Mas? Sebuah Perusahaan Konglomerasi yang Miliki Banyak Usaha

Topik Menarik