Daur Hidup Kupu-kupu: Telur, Larva, Kepompong hingga Dewasa

Daur Hidup Kupu-kupu: Telur, Larva, Kepompong hingga Dewasa

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 19 Desember 2022 - 14:45
share

JAKARTA, iNews.id - Daur hidup kupu-kupu terdiri atas beberapa tahap. Namun, apakah kalian tahu bagaimana tahap pertama telur kupu-kupu hingga menjadi dewasa? Ini penjelasannya.

Selama hidupnya, hewan pasti mengalami banyak perubahan. Seluruh tahap perubahan ini biasa disebut dengan daur hidup hewan. Daur hidup hewan ada yang dengan menggunakan metamorfosis dan tidak menggunakan metamorfosis.

Metamorfosis adalah perubahan bentuk hewan dari satu tahap ke tahap berikutnya hingga menjadi hewan dewasa. Metamorfosis pun ada yang sempurna dan ada yang tidak sempurna.

Salah satu metamorfosis sempurna dialami oleh kupu-kupu, nyamuk dan lalat. Sedangkan metamorfosis tidak sempurna dialami oleh kecoa dan belalang. Lantas, bagaimana proses daur hidup kupu-kupu?

Daur Hidup Kupu-Kupu Beserta Keterangannya

Gerakan daur hidup kupu-kupu betina yang sudah dewasa akan dimulai dengan bertelur. Telur akan menetas menjadi ulat. Setelah hidup dalam beberapa waktu tertentu, ulat akan membuat kepompong dari air liurnya. Setelah beberapa hari, ulat yang berada di dalam kepompong akan berubah menjadi kupu-kupu yang siap terbang.

Kupu-kupu betina dewasa akan bertelur setelah dibuahi kupu-kupu jantan, sehingga daur hidup berulang kembali.Hal itu seperti gambar daur hidup kupu-kupu di bawah ini.

Daur
Daur Hidup Kupu-kupu

Nah, semoga penjelasan tentang daur hidup kupu-kupu di atas bisa dipahami ya. Semanga belajarnya!

Topik Menarik