Makna Dalam Surat Al Fil Ayat 1-5 Beserta Artinya, Lengkap dengan Tafsir

Makna Dalam Surat Al Fil Ayat 1-5 Beserta Artinya, Lengkap dengan Tafsir

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 6 Desember 2022 - 07:02
share

JAKARTA, iNews.id - Makna dalam Surat Al Fil ayat 1-5 penting Muslim ketahui karena banyak mengandung hikmah. Al Fil artinya gajah. Nama surat Al Fil diambil dari kata al Fil yang terdapat dalam ayat pertama.

Surah Al Fil terdiri atas 5 ayat. Diturunkan di mekkah setelah surah Al Kafirun, sehingga digolongkan sebagai surah makkiyyah, urutan surah ke-105 dari 114 dalam Al Quran.

Teks Surat AL Fil ayat 1-5 beserta artinya:

(1) (2) (3) (4) (5)

Artinya: Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah. Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka\'bah) itu sia-sia? dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong, yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar, lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat). (QS. Al Fil: 1-5)

Lantas, apa saja makna yang terkandung dalam surat tersebut? Berikut ulasan lengkapnya

Makna Dalam Surat Al Fil Ayat 1-5

Dilansir dari Buku Quran Hadis Kelas II Madrasah Ibtidaiyah, Surat Al Fil menceritakan tentang pasukan bergajah dari Yaman yang dipimpin oleh Raja Abrahah yang ingin meruntuhkan Kakbah di Mekkah.

Peristiwa tersebut terjadi pada tahun 571 M yang bertepatan dengan lahirnya Nabi Muhammad SAW, sehingga tahun itu disebut tahun gajah.

Pasukan bergajah diazab oleh Allah SWT dengan mengirimkan burung ababil. Burung ababil membawa batu kerikil yang sangat panas dari dalam neraka.

Surat Al Fil memberikan pelajaran kepada bahwa siapa pun yang menentang dan memusuhi Allah maka akan gagal dan binasa. Seperti Raja Abrahah yang mencoba menghancurkan Kakbah, namun Allah melindungi bangunan suci itu.

Tafsir Surat Al Fil

Dalam Tafsir Ibnu Katsir sebagaimana dilansir dari lama ibnukatsir dijelaskan, Surat Al Fil turun sebagai gambaran nikmat yang telah dianugerahkan oleh Allah kepada kaum Quraisy, karena Allah telah menyelamatkan mereka dari serangan tentara bergajah.

Pasukan gajah yang dimpin Raja Abrahah dari Yaman sejak semula telah bertekad akan merobohkan Kakbah dan meratakannya dengan tanah hingga tiada bekas-bekasnya lagi.

Namun, Allah memusnahkan mereka dan menjadikan mereka kalah serta usaha mereka menjadi sia-sia, begitu pula tiada hasilnya dari kerja mereka; Allah mengusir mereka dengan cara yang buruk dan akibat yang mengecewakan.

Peristiwa tersebut terjadi sebagai irhas dan pendahuluan bagi akan diutusnya Rasulullah SAW. Karena sesungguhnya di tahun itu Nabi Muhammad menurut pendapat yang terkenal dilahirkan.

Imam Bukhari di dalam kitab Sahihain disebutkan bahwa Rasulullah Saw bersabda di hari jatuhnya kota Mekah:

Artinya: Sesungguhnya Allah telah menahan pasukan bergajah dari Mekah, dan menguasakannya kepada Rasul-Nya dan orang-orang mukmin, dan sesungguhnya kini telah kembali kesuciannya pada hari ini juga, sebagaimana kesuciannya di waktu sebelumnya. Ingatlah, hendaklah orang yang hadir menyampaikannya kepada orang yang tidak hadir.

Demikian ulasan mengenai makna dalam Surat Al Fil ayat 1-5 beserta artinya lengkap dengan tafsir ayatnya.

Wallahu A\'lam

Topik Menarik