Mulai Langka! Buah Berangan Punya Segudang Vitamin yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Mulai Langka! Buah Berangan Punya Segudang Vitamin yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 26 November 2022 - 08:39
share

Buahberangan atauyangjuga dikenal dengan kacang keju punya segudang vitamin yang bermanfaat bagi tubuh.Sayangnya,buahini sudah jarang ditemui.Bagimasyarakat Riau,buahberangansangat awam karena banyak pohon daribuahiniyangtumbuh di sekitaran hutan Riau.

Namun karena adanya penggundulan hutanyangbertujuan untuk mengubah lahan hutan menjadi non hutan, mengakibatkan keberadaan pohonberanganini ikut menghilang. Berangansendiri dikenal masyarakat karena rasa biji buahnyayangenak untuk dimakan.Buahini bisa dimakan setelah dilakukan pengongsengan atau bisa juga direbus.

Buahberanganjuga mengandung banyak giziloh,mulaidarivitamin, kalsium, zat besi, dan masih banyak lagi. Itulah mengapa,buahini baikbagitubuh,mulaidari untuk kesehatan jantung, menjaga kestabilan gula darah, sampai bisa membantu menurunkan berat badan.

berangan
Buah Berangan. (Z Creators/Sri Lili Syaf Putri)

Buahberanganbiasanya dijual Rp20 ribu per kilonya. Jika membeliyangsudah diongseng atau disangrai, harganya sebesar Rp25 ribu per kilonya. Masyarakat lebih sering mengolahnya dengan cara diongseng atau disangrai.

Caranya, cucibuahberanganterlebih dahulu kemudian masukkanbuahberanganke dalam kuali. Lalu, tambahkan batu kerikilyangjuga sudah dicuci bersih. Dengan api sedang, aduk kurang lebih selama 2 jam hinggabuahberanganagak terbuka kulitnya, kemudian angkat.Buahberanganongseng pun bisa langsung disantap.

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik!Lets join Z Creators dengan klik di sini .

Z Creators
Z Creators
Topik Menarik