250 Siswa Bintara dan Tamtama TNI AL Tiba di Ambon, Begini Pesan Danlantamal IX

250 Siswa Bintara dan Tamtama TNI AL Tiba di Ambon, Begini Pesan Danlantamal IX

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 27 Agustus 2022 - 18:51
share

AMBON, iNews.id - Sebanyak 250 Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Angkatan XLII TA 2022 tiba di Ambon. Mereka datang dari Satuan Pendidikan (Satdik) 3 Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) Sorong Papua Barat.

Ratusan siswa Bintara dan Tamtama TNI AL datang menggunakan unsur KRI dr Wahidin Sudirohusodo - 991 yang bersandar di Kesatrian Tawiri Lantamal IX Ambon, Desa Tawiri, Teluk Ambon, Kota Ambon, Jumat (26/8/2022).

KRI dr Wahidin Sudirohusodo-991 merupakan jenis kapal Bantu Rumah Sakit (BRS) sebagai kapal pendukung dalam pelaksanaan Operasi Militer Perang (OMP). Berdasarkan UU TNI Nomor 34 Tahun 2004, pada masa damai kapal jenis tersebut dapat difungsikan dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) untuk membantu menanggulangi bencana alam, pengungsian dan membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (search and rescue).

Sebanyak 100 siswa Dikmaba dan 150 siswa Dikmata didampingi 49 pelatih dari Satdik 3 Sorong. Mereka singgah di Lantamal IX Ambon usai melaksanakan Latihan Praktik (Lattek) Berlayar dan Pekan Integrasi dengan Siswa Satdik 1 Tanjung Uban dan Satdik 2 Makasar di lingkungan Kodiklatal serta pengenalan Kotama-kotama TNI AL di Surabaya.

Dalam kesempatan berbeda, Komandan Lantamal IX (Danlantamal IX) Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina menyampaikan selamat datang kepada para siswa dari Satdik 3 Sorong dan KRI dr Wahidin Sudirohusodo-991 di Lantamal IX Ambon.

Selama siswa berada di Lantamal IX, mereka akan diberikan pembekalan tentang Peraturan Dinas Dalam (PDD) Khas TNI AL dan dikenalkan dengan fasilitas, sarana dan prasarana yang ada di lingkungan Markas Komando Lantamal IX. Selain itu pelaut tangguh tidak terbentuk dari ombak laut yang tenang, ujar Said, Sabtu (27/8/2022).

Lattek pelayaran yang dilaksanakan para siswa ini merupakan bagian dari program pendidikan Satdik 3 Sorong tahap Dasar Golongan Lanjutan (Sargolan) yang akan mereka tempuh selama 2 bulan penuh. Sebelumnya mereka menjalani pendidikan Dasar Keprajuritan dan Dasar Golongan di Satdik 3 Sorong selama kurang lebih 4 bulan.

Hal tersebut selaras dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yaitu membangunan sumber daya manusia yang unggul dan profesional, serta tangguh menghadapi segala ancaman.

Dengan dilaksanakannya pelatihan pelayaran selama 2 bulan penuh, diharapkan para siswa lulusan Satdik 3 Sorong Angkatan XLII nantinya akan mampu dan siap dalam penugasan.

Dalam pelaksanaan Lattek ini juga mereka sudah terbagi kedalam tiap-tiap kejuruan masing-masing dengan dilatih para senior sesama kejuruan untuk mengawaki bidang penugasan mereka di KRI selama kapal berlayar maupun sandar.

Topik Menarik