Deretan Gedung Tertinggi di Indonesia, Ada yang Setinggi 300 Meter!

Deretan Gedung Tertinggi di Indonesia, Ada yang Setinggi 300 Meter!

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 22 Agustus 2022 - 13:57
share

JAKARTA, iNews.id - Gedung tertinggi di Indonesia terdapat di kota-kota besar dan umumnya di Pulau Jawa. Biasanya sebagai pusat perkantoran, hotel, maupun perbelanjaan.

Gedung-gedung itu juga menjadi landmark suatu daerah. Sebagai lambang kemajuan perekonomian suatu wilayah, gedung-gedung pencakar langit pun terus bermunculan di kota-kota besar di Indonesia.

Berikut daftar gedung tertinggi di Indonesia yang dirangkum iNews.id, Senin (22/8/2022).

1. Gama Tower (285,5 meter)

Gedung tertinggi di Indonesia yang pertama yakni Gama Tower di Kuningan, Jakarta Selatan. Gedung ini memiliki ketinggian 285,5 meter. Gedung ini memiliki 64 lantai yang dimanfaatkan sebagai hotel dan perkantoran

2. Treasury Tower (279,5 meter)

Treasury Tower merupakan salah satu gedung tertinggi di Indonesia yang berada di District 8 at SCBD Sudirman, Jakarta Pusat. Gedung ini memiliki ketinggian 279,5 meter. Terdiri atas empat bangunan yang dijadikan perkantoran dan hotel.

3. Wisma 46 (261,9 meter)

Menjulang setinggi 261,9 meter, menjadikan gedung ini sebagaigedung pencakar langit tertinggi ketiga di Indonesia. Wisma 46 memiliki 46 lantai dan merupakan pusat perkantoran ternama di Sudirman, Jakarta Pusat. Gedung pencakar langit tertinggi di Indonesia ini adalah kantor utama Bank BNI dengan nama BNI City Tower.

Wisma
Wisma 46 di Jakarta Pusat. (www.wisma46.com)

4. Menara Astra (261,5 meter)

Gedung yang dimiliki oleh PT Astra International ini merupakan salah satu gedung pencakar langit yang terbaru. Bangunan yang baru saja rampung pada 2018 ini memiliki ketinggian 261,5 meter, dan berada pada posisi 156 tertinggi di Asia.

Lokasinya berada di Sudirman, Jakarta Pusat dan cukup menonjol di antara beberapa gedung tinggi di kawasan Sudirman.

5. Sahid Sudirman Center (258 meter)

Gedung pencakar langit ini pertama kali dirancang pada 2012 dan selesai pada 2015. Berlokasi di Karet, Jakarta Pusat, gedung ini memiliki ketinggian 59 lantai dan tinggi 258 meter. Sahid Sudirman Center sempat menjadi salah satu gedung tertinggi di Asia.

6. Hotel Raffles (257 meter)

Hotel Raffles atau yang juga dikenal sebagai Ciputra World Hotel ini berada di segitiga emas Kuningan. Memiliki tinggi 257 meter dengan 52 lantai dan 3 lantai basement. Hotel ini juga berada di Kompleks Ciputra World 1.

7. Millenium Centennial Center (254 meter)

Gedung ini merupakan salah satu puncak tertinggi di segitiga emas Jakarta dengan tinggi 254 meter. Millenium Centennial Center memiliki 53 lantai dan 6 lantai basement dengan kapasitas 750 kendaraan sehingga menjadi salah satu bangunan tertinggi di Indonesia.

8. Indonesia One North Tower (303 meter)

Jakarta merupakan kota di Indonesia memiliki banyak gedung pencakar langit. Indonesia One North Tower dirancang oleh Mercurio Design Lab dengan tinggi 303 meter yang meliputi 64 lantai. Di gedung ini terdapat hotel, apartemen, dan perkantoran.

9. Thamrin Nine Tower 1 (333,5 meter)

Thamrin Nine Tower 1 berada di dalam Kompleks Thamrin Nine seluas 5,2 hektare. Gedung ini dibangun oleh PT Putragaya Wahana. Bila semuanya berjalan sesuai rencana, menara tersebut memiliki tinggi hingga 333,5 meter dengan cakupan 70 lantai.

Selain perkantoran, Thamrin Nine Tower 1 turut difungsikan sebagai tempat penginapan, yakni Hotel Waldorf Astoria. Gedung ini terletak di wilayah Jakarta Pusat.

10. The Pakubuwono Signature (252 meter)

The Pakubuwono Signature merupakan salah satu gedung paling tinggi di Indonesia dengan ketinggian 252 meter dan 50 lantai. Gedung ini juga menjadi bangunan residensial tertinggi dan salah satu yang termahal di Indonesia. Bangunan ini difungsikan untuk apartemen dan berlokasi di Jakarta Selatan.

Topik Menarik