5 Contoh Teks Pembawa Berita Singkat dan Mudah Dipelajari, Biasa Digunakan News Anchor

5 Contoh Teks Pembawa Berita Singkat dan Mudah Dipelajari, Biasa Digunakan News Anchor

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 13 Agustus 2022 - 16:14
share

JAKARTA, celebrities.id - Contoh teks pembawa berita dapat menambah wawasan kamu dalam memahami jenis teks yang biasa digunakan para news anchor membawakan sebuah acara berita di televisi.

Umumnya, teks pembawa berita menggunakan bahasa sehari-hari dan tidak terlalu panjang. Teks pembawa berita juga tidak boleh mengulangi informasi dan hati-hati dalam mencantumkan jumlah korban saat membacakan berita tragedi atau peristiwa yang menelan korban jiwa.

Teks pembawa berita juga dianggap sangat penting dan harus segera disampaikan. Secara sederhana teks pembawa berita bisa kita maknai sebagai teks yang disampaikan oleh seorang reporter berita yang mengandung informasi terbaru, aktual, terpercaya saat siaran televisi.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Sabtu (13/8/2022) telah merangkum contoh teks pembawa berita, sebagai berikut.

Contoh Teks Pembawa Berita

1. Contoh Teks Pembawa Berita tentang Gempa Bumi

Halo, selamat pagi pemirsa, kembali bersama saya (..) akan menemani anda selama tiga puluh menit ke depan dalam iNews flash in the morning. Pemirsa .. gempa berkekuatan magnitudo 5,1 di kota Palu dini hari tadi terjadi pada pukul 03.00 WITA menimbulkan dampak longsoran bawah laut dan terjadinya kenaikan permukaan air laut.

Detik detik saat permukaan air laut di beberapa pantai naik terekam dari video yang tersebar di Internet, saat ini warga di sekitar pantai sudah mengungsi ke daerah perbukitan menjauhi pantai.

BMKG melalui akun resminya di twitter juga sudah memperingatkan potensi tsunami atau naiknya permukaan air laut akibat adanya longsor bawah laut sebagai dampak gempa magnitudo 5,1 ini. BMKG mengeluarkan peringatan potensi tsunami dan juga gempa susulan. Selain itu, BMKG meminta warga di sekitar pantai untuk segera menjauhi pantai dan menuju daerah yang tinggi.

Itulah berita untuk pagi ini,

Ikuti pembaruan selanjutnya di iNews flash satu jam kedepan. Saya (....), selamat pagi dan sampai jumpa.

2. Contoh Teks Pembawa Berita tentang Kemacetan

Halo, selamat siang, pemirsa, kembali dengan saya (....) Seputar Indonesia Siang. Kali ini kami akan menyampaikan berita kemacetan yang sering menjadi masalah utama di kota-kota besar di Indonesia, termasuk ibukota Jakarta. Di hari ini volume kendaraan meningkat, khususnya di akhir pekan yang panjang. Kemacetan terjadi di banyak wilayah Jakarta dan daerah kota Kasablanka yang terparah.

Kemacetan juga diikuti hujan besar yang membasahi area sekitarnya sejak tadi pagi pukul 08.00 WIB yang mana menjadikan kemacetan semakin parah. Hujan besar juga turun di bagian barat Jakarta dan telah menyebabkan banjir. Banjir sudah setinggi 20 cm dan mengganggu pengguna jalan. Ini dapat membahayakan khususnya bagi pengguna sepeda motor. Petugas kepolisian turut membantu mengatur lalu lintas.

Itulah berita untuk siang ini,

Ikuti pembaruan selanjutnya di Seputar Indonesia Petang. Saya (), selamat siang dan sampai jumpa.

3. Contoh Teks Pembawa Berita tentang Kebakaran

Selamat sore pemirsa, kembali dengan saya (....) di Apa Kabar Hari Ini petang.

Saudara .. ratusan kios di pasar darurat yang didirikan oleh pemerintah kabupaten Banyumas di kawasan Purwokerto Barat, terbakar, api dengan cepat menjalar karena bangunan didominasi dari material kayu

Sekitar 300 kios di pasar darurat Purwokerto Barat, Banyumas, Jawa Tengah terbakar sejak minggu malam, sejumlah mobil pemadam kebakaran milik pemerintah kabupaten Banyumas diterjunkan ke lokasi untuk memadamkan api Hingga pukul 04.00 pagi petugas pemadam masih berupaya untuk memadamkan api dibantu oleh warga sekitar.

Itulah berita untuk petang ini,

Ikuti pembaruan selanjutnya di Apa Kabar Hari Ini satu jam lagi. Saya () selamat malam dan sampai jumpa.

4. Contoh Teks Pembawa Berita tentang Olahraga

Selamat malam, pemirsa. Anda sedang menyaksikan Global News dengan saya (..). Kami akan menghadirkan pada Anda berita-berita terkini dari seluruh Indonesia.

Pertama dalam berita olahraga, ini adalah detik perhitungan menuju pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Upacara pembukaan akan dilaksanakan di Gelora Bung Karno, Sabtu ini tanggal 18 Agustus 2018. Dikatakan bahwa akan ditampilkan banyak tarian tradisional dari Sabang sampai Merauke. Penampilan akan disiarkan di TV lokal dan juga secara daring.

Dan satu hari sebelum penampilan besar tersebut, Indonesia akan merayakan hari kemerdekaannya. Upacara tahunan akan diadakan di Istana Negara. Tiap daerah di seluruh negeri merayakan hari tersebut.

Itulah berita untuk malam ini,

Ikuti pembaruan selanjutnya di Global News satu jam lagi. Saya (...), selamat malam dan sampai jumpa.

5. Contoh Teks Pembawa Berita tentang Pendidikan

Selamat pagi, pemirsa. Anda sedang menyaksikan Flash News dengan saya (...). Kami akan menghadirkan pada Anda berita-berita terkini dari seluruh Indonesia.

Saudara .. Anak anak SD di desa Kutaliman, Kabupaten Banyumas jika pasca turun hujan harus berjuang lebih keras dalam menuntut ilmu, mereka harus berjalan kaki tanpa menggunakan sepatu dalam kondisi lumpur dan becek dengan jarak tempuh mencapai 6 km untuk belajar di sekolah dan menggapai cita cita mereka.

Selain akses jalan yang rusak, kondisi sekolah juga sangat mengkhawatirkan. minimnya pelajar di wilayah desa tersebut ditambah bangunan kelas dalam kondisi rusak, membuat sejumlah siswa sekolah dasar negeri ini terpaksa digabung dengan siswa kelas lain.

Hingga kini, sarana dan prasarana sangat minim, seperti kelas yang rusak dan perpustakaan yang kurang buku, selain itu sekolah ini hanya mempunyai tenaga pengajar 9 orang.

Menurut pihak sekolah, mereka sudah sering melaporkan kondisi sekolahnya ke dinas pendidikan kabupaten empat lawang, namun sampai saat ini belum ada perhatian sedikitpun dari pemerintah setempat.

Itulah berita untuk pagi ini,

Ikuti pembaruan selanjutnya di Flash News satu jam lagi. Saya (...), selamat pagi dan sampai jumpa.

Topik Menarik