Pakaian Adat Lampung Pepadun dan Saibatin

Pakaian Adat Lampung Pepadun dan Saibatin

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 9 Agustus 2022 - 18:33
share

JAKARTA, iNews.id - Pakaian adat Lampung Pepadun dan Saibatin ini menandakan jika warisan budaya di provinsi itu luar biasa. Provinsi yang dijuluki Sai Bumi Ruwa Jurai ini mempunyai beberapa pakaian adat.

Pakaian adat Lampung Pepadun dan Saibatin ini dikenakan dalam acara adat tertentu. Mulai dari pernikahan atau upacara adat.

Uniknya, pakaian adat Lampung ini pernah dikenakan olrh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pakaian itu dikenakan Jokowi saat memimpin Upacara Peringatan Proklamasi Kemerdekaan ke-76 RI pada 17 Agustus 2021 lalu.

Penasaran seperti apa? Berikut penjelasannya pakaian adat Lampung Pepadun dan Saibatin:

1. Pepadun

Presiden
Presiden Joko Widodo kenakan pakaian adat Lampung (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Pakaian adat Lampung Pepadun. Pakaian ini biasanya dikenakan masyarakat yang mendiami daerah pedalaman atau daerah dataran tinggi Lampung.

Pakaian adat ini bisa digunakan untuk prosesi pernikahan. Pakaian adat Pepadun biasanya dikombinasi warna putih, sedangkan untuk pakaian adat Lampung Saibatin biasanya dikombinasi dengan warna merah.

Pakaian adat pria berupa baju lengan panjang berwarna putih yang dipadukan dengan celana panjang hitam.
Kemudian di luarnya, dibalut dengan sarung tumpal yaitu kain sarung khas Lampung yang ditenun menggunakan benang emas. Sarung ini dipakai menutup celana dari pinggang hingga lutut.

Selanjutnya di luar sarung, diikat sesapuran atau sehelai kain putih dengan rumbai tinggi. Bagian bahu dilingkari dengan selendang bujur sangkat atau khikat akhir.

Sementara itu, pakaian adat Lampung untuk pengantin wanita memiliki ciri khas berwarna putih dan emas.
Bentuknya seperti kebaya yang ramping membalut badan. Bagian bawah, dililitkan kain tapis dengan motif khusus yang terbuat dari benang emas dan perak.

Pakaian pengantin wanita Lampung sangat istimewa lantaran bertaburan aksesoris pelengkapnya, seperti siger atau mahkota, gelang, kalung, cincing dan hiasan pada pinggang.

2. Saibatin

Pakat adat Lampung kedua yakni Saibatin. Berbeda dengan Pepadun, Pakat adat Lampung Saibatin kali ini tampak lebih mewah.

Pakaian adat Saibatin merupakan sebuah makna yang berarti satu batin serta memiliki satu junjungan. Semua ini sesuai dengan susunan sosial.

Selain itu, budaya Suku Saibatin umumnya bersifat aristokratis, hal ini dikerenakan kedudukan adat hanya bisa diwariskan melalui garis keturunan saja.

Pakaian adat Saibatin biasanya menggunakan mahkota pengantin yang memiliki tujuh lekuk.

Pakaian
Pakaian adat Lampung yang dikenakan Nikita Willy dan suaminya (Instagram)

Untuk Saibatin, busana pengantin pria berupa jas yang terbuat dari bahan beludru bermotif floral bunga tabur, salur, atau pucuk rebung.

Sebagai atribut, pengantin pria memakai kopiah tungkus atau tukkus, dan perhiasan seperti gelang dan kalung.

Sama halnya dengan pakaian pengantin pria, busana pengantin perempuan kebanyakan terbuat dari beludru bermotif sama.

Panjang busana di bawah lutut dilengkapi dengan selempang jungsarat, yaitu selempang sejenis songket yang disalempangkan dari bahu kanan ke pinggang kiri.

Hiasan kepala mempelai wanita memakai siger yang berjumlah tujuh lekukan.

Pakaian adat Saibatin merupakan sebuah makna yang berarti satu batin serta memiliki satu junjungan. Semua ini sesuai dengan susunan sosial.

3. Aksesori dan Filosofi Pakaian Adat Lampung

Aksesori yang melekat di pakaian adat Lampung bukan sembarangan. dilansir dari berbagai sumber, aksesori ini mempunyai makna dan filosofi dalam pernikahan. Untuk pengantin pria dan perempuan mempunyai aksesori yang berbeda.

a. Kalung Buah Jukum

Kalung buah jukum memiliki gantungan yang menyerupai miniatur buah jukum. Kalung ini melambangkan doa agar pengantin mendapatkan keturunan.

b. Kalung Papan Jajar

Kalung ini memiliki gantungan dengan bentuk tiga lempengan perahu yang tersusun dengan ukuran yang berbeda-beda. Kalung ini memiliki filosofi sebagai simbol kehidupan yang akan diarungi oleh pengantin yang akan dilanjutkan oleh keturunannya.

Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) kenakan pakaian adat Lampung (YouTube/Sekretariat Presiden)

c. Ikat pinggang bulu serti

Ikat pinggang ini dilengkapi dengan sebuah keris (terapang) yang merupakan senjata khas Lampung. Biasanya dibawa oleh pengantin pria.

d. Gelang burung

Gelang burung dikenakan di lengan tangan kiri dan kanan yang menyerupai burung garuda. Ini melambangkan perjalanan panjang dan kekerabatan yang akan terjalin setelah pernikahan

e. Gelang Kano

Gelang kano digunakan di bawah gelang burung yang berbentuk ban. Ini melambangkan pembatasan dari semua perbuatan buruk setelah menikah.

f. Gelang bibit

Gelang ini digunakan di bawah gelang kano yang melambangkan doa mendapatkan keturunan.

g. Siger

Siger yakni mahkota yang terbuat dari emas. Siger merupakan mahkota khas yang sering digunakan oleh pengantin wanita Lampung. Siger memiliki 9 ruji yang melambangkan sembila sungai yang terdapat di Lampung.

Sunagi itu yakni sungai Way Sekampung, Way Semangka, Way Abung Pareng, Way Seputih, Way Kanan, Way Mesuji, Way Sunkai, Way Tulang Bawang dan Way Kanan. Siger merupakan perhiasan yang melambangkan keagungan budaya Lampung.

h. Seraja bulan

Mahkota kecil yang yang beruji tiga terletak di atas siger.

i. Kalung Ringgit

Kalung ringgit berbentuk sembilan buah uang ringgit.

Itulah penjelasan pakaian adat Lampung Pepadun dan Saibatin. Semoga bisa menambah pengetahuan ya.

Topik Menarik