Makna Lambang OSIS di Seragam SMP dan SMA/SMK yang Tak Banyak Orang Tahu

Makna Lambang OSIS di Seragam SMP dan SMA/SMK yang Tak Banyak Orang Tahu

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 27 Juli 2022 - 06:20
share

JAKARTA - Makna Lambang OSIS di seragam SMP dan SMA/SMK. Seragam SMP dan SMA/SMK di Indonesia memang identik dengan lambang OSIS yang ada di bagian saku.

OSIS sendiri adalah akronim dari Organisasi Siswa Intra Sekolah, yang menaungi kegiatan di luar materi pelajaran para siswa.

Organisasi satu ini memiliki lambang yang sangat bermakna.

Lantas, apa makna lambang OSIS di seragam SMP dan SMA/SMK yang tak banyak orang tahu? Untuk mengetahuinya, simak rangkuman Okezone berikut ini.

Makna Lambang OSIS di Seragam SMP dan SMA/SMK

Berikut ini makna dan lambang OSIS yang ada di seragam sekolah.

1. Makna Bentuk Lambang OSIS

Bunga bintang sudut lima dan lima kelopak

Siswa dilambangkan sebagai bunga bangsa yang kelak dapat mengharumkan bangsa dengan ilmu yang berlandaskan pancasila.

Sementara, lima kelopak bunga putih melambangkan lima jalan yang ditempuh siswa untuk mencapai tujuan dalam mencari ilmu pengetahuan. Lima jalan itu adalah abdi, adab, ajar, aktif dan amal.

2. Buku Terbuka

Buku terbuka melambangkan tugas utama siswa, yakni belajar. Kewajiban utama siswa ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih terhadap pembangunan bangsa dan negara di masa depan.

3. Dua tangan terbuka

Selain kewajiban dalam menuntut ilmu dan memiliki wawasan yang luas, siswa juga diharapkan memiliki sikap ringan tangan, suka menolong terhadap orang lain dan peka terhadap lingkungan sekitar.

4. Kunci pas

Kunci pas memiliki makna hasil dari kerja keras siswa dalam menuntut ilmu yang kemudian membentuk siswa memiliki kemampuan untuk melepaskan diri dari ketergantungan terhadap orang tua dan mampu untuk menyelesaikan masalahnya.

5. Biduk

Biduk atau perahu diibaratkan sebagai kendaraan siswa untuk berlayar menuju tujuannya. Biduk memiliki makna sebagai wadah bagi siswa untuk mencapai cita-cita.

6. Tujuh belas butir padi, delapan lipatan pita, empat buah kapas, serta lima daun kapas

Tujuh belas butir padi, delapan lipatan pita, empat buah kapas dan lima helai daun kapas adalah simbol kemerdekaan Indonesia.

Lambang ini diharapkan menjadi renungan dan semangat bagi siswa dalam mempertahankan kemerdekaan dan meneruskan cita-cita bangsa.

7. Pelangi merah putih dan padi kapas

Bentuk pelangi merah putih dilambangkan sebagai jembatan merah putih yang memiliki filosofi tujuan atau cita-cita yang ingin diraih oleh siswa, baik cita-cita pribadi maupun cita-cita bangsa Indonesia.

Sementara, padi kapas melambangkan kesejahteraan negara Indonesia dalam hal material dan spiritual.

Makna Warna Lambang OSIS

1. Warna kuning

Warna kuning adalah warna dasar lambang Osis yang melambangkan keagungan dan kehormatan yang dimiliki siswa kala dipercaya menjadi penerus bangsa yang memberikan sumbangsih pada negara dan sesamanya.

2. Warna coklat

Sejatinya, warna coklat mewakili warna tanah Indonesia sebagai tempat siswa lahir dan dibesarkan.

Diharapkan siswa selalu memiliki rasa nasionalisme yang tinggi terhadap bangsa dan tanah air Indonesia.

3. Warna merah putih

Merah putih menjadi warna kebanggaan bangsa Indonesia, warna merah memiliki arti keberanian sementara putih melambangkan kesucian.

Siswa juga diharapkan memiliki keberanian dan ketegasan terutama dalam menyampaikan kebenaran dengan sopan.

Demikian makna lambang OSIS di seragam SMP dan SMA/SMK yang tak banyak orang tahu.

Topik Menarik