Tradisi Unik Rayakan Idul Adha dari Manten Sapi hingga Jemur Kasur, Begini Keseruannya

Tradisi Unik Rayakan Idul Adha dari Manten Sapi hingga Jemur Kasur, Begini Keseruannya

Gaya Hidup | netralnews.com | Minggu, 3 Juli 2022 - 12:41
share

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Selain merayakan Idulfitri umat Islam juga merayakan Idul Adha. Di mana pada momen Idul Adha umat Islma memperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim bersedia mengorbankan putranya Isma\'il sebagai wujud kepatuhan terhadap Allah. Sebelum Ibrahim mengorbankan putranya, Allah menggantikan Ismail dengan domba. Untuk memperingati kejadian ini, hewan ternak disembelih sebagai kurban setiap tahunnya.

Perayaan Iduladha juga bertepatan dengan datangnya \'Musim Haji\' sehingga membuat hari raya keagamaan ini populer pula dengan sebutan Lebaran Haji dan Hari Raya Kurban.

Selain identik dengan penyembelihan hewan qurban, beberapa wilayah di Indonesia mempunyai tradisi unik untuk menyambut

hari istimewa tersebut.

Berikut tradisi unik menyambut Idul Adha di Indonesia yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Tradisi Apitan (Semarang)

Tradisi Apitan ini merupakan bentuk rasa syukur atas rezeki berupa hasil bumi yang diberikan oleh Yang Maha Esa.

Tradisi ini biasanya diisi dengan pembacaan doa yang kemudian dilanjutkan dengan arak-arakan hasil tani dan hasil ternak. Nantinya, hasil tani yang diarak ini akan diambil secara rebutan oleh masyarakat setempat.

Tradisi Apitan dipercaya menjadi kebiasaan para Wali Songo dahulu kala sebagai ungkapan rasa syukur di perayaan Idul Adha. Selain gunungan berupa hasil tani atau arak-arakan ternak, masyarakat yang menyaksikan Apitan juga akan disuguhkan dengan hiburan khas kearifan lokal.

Topik Menarik