Urutan Pangkat TNI AL, AD dan AU Lengkap Syarat Masuknya

Urutan Pangkat TNI AL, AD dan AU Lengkap Syarat Masuknya

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 16 Juni 2022 - 16:33
share

JAKARTA, iNews.id - Pangkat TNI dibedakan menjadi beberapa urutan. Agar semakin jelas, pelajari informasi pangkat TNI AD, AL, dan AU di sini.

Melansir buku \'Sistem Kebut Semalam Lolos Tes Masuk TNI Polri\' karya Isti Fina Indriana, lambang pangkat TNI berbeda-beda tergantung dengan tingkat pangkat TNI. Misalnya, untuk pangkat TNI tertinggi,yakni jenderal besar memiliki lambang 5 bintang yang melingkar dan berada di pundak.

Apa Saja Urutan Pangkat TNI?

Perwira Tinggi

Perwira Tengah

Bintara Tinggi

Bintara

Tamtama

Syarat Masuk TNI

Syarat masuk TNI bisa dicek di laman penerimaan resmi TNI. Setelah itu, lengkapi berkas untuk mendaftar masuk TNI dan mengikuti seleksi administrasi.

Jika sudah dinyatakan lulus tahap administrasi, maka tahapan selanjutnya adalah mengikut seleksi psikologi, lalu seleksi kesehatan, seleksi kemampuan jasmani dan kesemaptaan, serta tes kemampuan kompetensi.

Terakhir adalah rapat kelulusan dengan memeriksa aspek kesehatan, psikologi dan administrasi akhir. Maka, jika dinyatakan lulus pendidikan militer di akademi militer TNI maka akan mendapat pangkat TNI Letnan Dua (Letda).

Topik Menarik