Tari Kecak Memiliki Pola Lantai Berbentuk Apa? Ini Jawaban dan Sejarahnya

Tari Kecak Memiliki Pola Lantai Berbentuk Apa? Ini Jawaban dan Sejarahnya

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 13 Juni 2022 - 12:52
share

JAKARTA, iNews.id - Tari Kecak memiliki pola lantai berbentuk apa sering menjadi pertanyaan yang muncul dalam soal ujian. Agar bisa menjawabnya, ini informasi dan sejarahnya lengkap.

Apakah Tari Kecak Menggunakan Pola Lantai Lingkaran?

Tari Kecak memiliki pola lantai berbentuk garis lengkung atau melingkar. Melansir buku \'99% Sukses Menghadapi Ulangan Harian\' terbitan Tim Guru Eduka, pola lantai adalah jalur garis lantai yang dilewati penari.

Pada dasarnya, pola lantai terbagi menjadi dua, yakni pola lantai berbentuk lurus dan melingkar. Namun, di Nusantara ada beberapa pilihan pola lantai, seperti berbentuk lurus untuk Tari Saman dan berbentuk segi empat, seperti Tari Tor-Tor. Jadi, tari kecak memiliki pola tari berbentuk melingkar.

Sejarah Tari Kecak

Tari Kecak berasal dari Bali. Sebenarnya, tarian ini adalah sebuah prosesi keagamaan HIndu Bali, di mana seorang penari akan kemasukan roh sehingga menjadi jembatan atau media komunikasi dengan p[ara dewa dan pengusir segala roh jahat.

Namun, Tari Kecak berkembang menjadi tarian tradisional yang memiliki daya tarik wisatawan. Sehingga, dikolaborasi dengan pertunjukan seni teater yang menggambarkan kisah pewayangan Ramayana.

Tari Kecak dilakukan sambil duduk membentuk sebuah lingkaran. Keunikan dari Tari Kecak memiliki pola lantai berbentuk lingkaran adalah perpaduan, antara seni, budaya, dan kisah mistiknya.

Topik Menarik