Kepala Bappenas soal Pemindahan ASN ke IKN: Mulai Oktober atau November

Kepala Bappenas soal Pemindahan ASN ke IKN: Mulai Oktober atau November

Ekonomi | inews | Jum'at, 4 Oktober 2024 - 20:04
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa mengakui pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (IKN) tidak sesuai dari jadwal yang telah disiapkan.

“Ya sebenarnya kita sudah terlambat, kalau menurut jadwal ya penyusunannya di master schedule pemindahan ASN kita sudah agak sedikit terlambat,” ucap Suharso saat ditemui di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (4/10/2024).

Sebelumnya, direncanakan pemindahan ASN ke IKN akan dilaksanakan pada September 2024. Namun, hingga awal bulan Oktober pemindahan belum juga terlaksana.

“Kita kan sebenarnya dalam rencana kita kan sudah mulai bulan Agustus, September, Oktober tapi memang ada keterlambatan,” kata dia. 

Suharso menuturkan, untuk mengejar keterlambatan itu, maka akan dilakukan skenario ulang penjadwalan pemindahan ASN ke IKN mulai bulan ini atau bulan depan yakni November. 

“Untuk mengejar keterlambatan itu apakah memang mulai bulan ini atau bulan depan,” ucap Suharso.

Meski begitu, Suharso menegaskan prioritas yang saat ini dilakukan oleh Otorita IKN adalah memastikan seluruh fasilitas untuk ASN terpenuhi, seperti rumah sakit, sekolah, dan fasilitas lainnya.

“Tapi yang paling penting yang harus kita pastikan adalah seluruh fasilitas untuk ASN yang pindah ke sana. Termasuk dukungannya, misalnya mengenai kalau mereka sakit bagaimana. Itu aja dulu. Tapi kalau misalnya sekolah dan seterusnya mungkin belum ya. Kalau anak-anaknya mungkin masih belum ke sana,” tuturnya.

Topik Menarik