Bill Gates Keluar dari Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia, Pernah Sumbang Rp300 Triliun untuk Amal

Bill Gates Keluar dari Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia, Pernah Sumbang Rp300 Triliun untuk Amal

Ekonomi | inews | Rabu, 2 Oktober 2024 - 06:31
share

WASHINGTON DC, iNews.id - Pendiri Microsoft, Bill Gates telah lama bertengger di jajaran orang terkaya di Amerika Serikat (AS) dan dunia. Namun, kini peringkatnya terus menurun karena dia diketahui kerap menyumbangkan hartanya untuk kegiatan filantropi dan alasan lainnya.

Selama hampir dua dekade, Bill Gates menduduki peringkat sebagai orang terkaya atau kedua terkaya dalam daftar tahunan Forbes 400 orang terkaya di Amerika.

Namun, saat ini Gates tidak lagi menempati posisi puncak orang terkaya di AS maupun dunia. Meskipun masih memiliki kekayaan sebesar Rp1.625 triliun, Gates saat ini menempati peringkat ke-12 orang terkaya di dunia dan keluar dari daftar 10 orang terkaya di dunia versi Forbes untuk pertama kalinya sejak 1991.

Kekayaan bersih Gates tercatat turun sebesar 4 miliar dolar AS dari tahun lalu, di mana saat indeks saham AS seperti S&P 500 dan Nasdaq 100 meroket hingga 30 persen. 

Melansir Forbes, alasan utama penurunan kekayaan Gates karena perceraiannya dengan Melinda French Gates, yang telah dinikahi selama 27 tahun, pada tahun 2021 lalu.

Setelah itu, pada Mei 2024, Melinda mengumumkan bahwa dia mengundurkan diri sebagai Wakil Ketua Bill & Melinda Gates Foundation dan menyebut akan mendapatkan tambahan dana 12,5 miliar dolar AS untuk kegiatan filantropinya.

Meski Melinda tidak mengatakan dari mana uang tersebut berasal, namun Forbes mencatat bahwa dana tersebut bukanlah pengalihan aset Gates Foundation, melainkan berasal dari Bill Gates.

Menurut perkiraan Forbes, kekayaan Melinda tercatat naik menjadi sekitar 29 miliar dolar AS atau setara Rp440 triliun, dari 10,3 miliar dolar AS setahun lalu. Dengan penambahan ini, Melinda menjadi perempuan terkaya ke-9 di AS, tepat di belakang pewaris kasino Miriam Adelson. 

Pada September 2022, Bill Gates telah meramalkan penurunan kekayannya sendiri. Dia mengatakan berencana untuk terus menyumbangkan lebih banyak kekayaannya dan terus melakukannya hingga dia keluar dari daftar miliarder Forbes

Pada tahun tersebut Gates diketahui menyumbangkan hartanya sebesar 20 miliar dolar AS atau setara Rp300 triliun ke yayasan yang dia kelola.

Adapun hibah tersebut menjadikan sumbangan Gates seumur hidup menjadi 55 miliar dolar AS. Hal ini membuat membuat Gates dan mantan istrinya sebagai salah satu dermawan terbesar sepanjang masa. 

Selain itu, sumbangan itu juga menjadikan Bill & Melinda Gates Foundation menjadi lembaga filantropi terbesar di dunia, di mana pengeluarannya akan meningkat sebesar 50 persen menjadi 9 miliar dolar AS per tahun pada 2026. Yayasan tersebut terutama fokus pada pemberian amal untuk kesetaraan gender, kesehatan, pendidikan dan lainnya. 

Daripada menunggu kematiannya, Gates mengatakan, dia sepenuhnya berniat untuk keluar dari daftar miliarder Forbes saat masih hidup. 

"Saya akan membuat diri saya keluar dari daftar teratas. Menjauh dari daftar (orang terkaya di dunia), itu akan memakan waktu cukup lama, tetapi arah perjalanan saya jelas," ucap Gates.

Topik Menarik