Bandara IKN bakal Uji Coba Pendaratan RJ-85 Sebelum Digunakan Pesawat Kepresidenan

Bandara IKN bakal Uji Coba Pendaratan RJ-85 Sebelum Digunakan Pesawat Kepresidenan

Ekonomi | inews | Kamis, 12 September 2024 - 15:35
share

NUSANTARA, iNews.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Basuki Hadimuljono membeberkan testimoni pilot yang telah mendaratkan perdana pesawat di Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN). Menurutnya, sejak kemarin bandara di IKN telah dicek oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Sekretariat Militer (Sesmil).

Selain itu, pada pagi tadi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi juga telah mendarat di Bandara IKN untuk pertama kalinya.

Kemarin sudah dicek dengan Perhubungan dengan Sesmil, dari tadi pagi Pak Menhub sudah mendarat di sini dengan Cessna, kata Basuki di Kompleks Istana Garuda, Kamis (12/9/2024).

Intinya, pada saat itu kan ada pilot yang sudah testimoni, yang mendaratkan tadi menurut Pak Menhub kepada Presiden, ini bandaranya menurut pilot itu adalah bagus, jadi menggigit namanya aspalnya, apa yang dirasakan oleh pilot itu, tuturnya.

Pesawat Kepresidenan, RJ-85/PK-PJJ (Foto: tni-au.mil.id)
Pesawat Kepresidenan, RJ-85/PK-PJJ (Foto: tni-au.mil.id)

Basuki menambahkan, saat ini sedang diupayakan untuk uji coba pendaratan dengan pesawat jenis RJ-85 di runway Bandara IKN.

Dan sekarang sedang diupayakan untuk dicoba dengan RJ-85 yang dipunyai hanya oleh Pelita Air. Nah ini sedang diupayakan, kata dia.

Basuki menyebut jika bandara sudah bisa digunakan oleh Pesawat RJ-85, maka akan dilakukan penerbangan yang membawa Presiden Jokowi langsung dari Jakarta ke Bandara IKN.

Saya ingin saya bilang ke Pak Menhub upayakan hari ini bisa dengan RJ-85. Kalau ini sudah, berarti Presiden akan beraktivitas dari bandara ini, ucapnya.

Topik Menarik