Resmikan Lab RI-Tiongkok, Luhut Minta Lanjutkan Hilirisasi Industri Mineral RI

Resmikan Lab RI-Tiongkok, Luhut Minta Lanjutkan Hilirisasi Industri Mineral RI

Ekonomi | inews | Kamis, 29 Agustus 2024 - 06:37
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan laboratorium hasil kerja sama Indonesia-Tiongkok pada Rabu (28/8). Langkah ini sebagai bentuk dukungan program hilirisasi.

Saya sampai kepada satu kesimpulan bahwa program hilirisasi ini tidak bisa tercapai tanpa adanya kualitas SDM yang unggul dan research yang inovatif. Untuk mewujudkan hal tersebut, hari ini saya hadir dalam peresmian Laboratorium Joint Research antara Indonesia dan Tiongkok dalam hal energi baru dan teknik metalurgi di Institut Teknologi Bandung (ITB), ujarnya dikutip dari IG resmi Luhut, Kamis (28/8/2024).

Menariknya, kata Luhut, pembangunan laboratorium sesuai dengan jadwal. Bahkan, peresmiannya dihadiri langsung oleh peneliti dan profesor terkemuka di Tiongkok sekaligus Chairman Green-Eco Manufacture (GEM), HE Prof Xu Kaihua.

Di hadapan civitas akademika dan stakeholder terkait, saya sampaikan bahwa kehadiran Joint- Research Lab ini sangat penting untuk program penelitian yang mewujudkan efisiensi, inovasi, kualitas, dan keberlanjutan hilirisasi industri mineral Tanah Air, tutur dia.

Ia pun berharap ITB bisa menjadi pusat riset yang terkemuka di dunia sehingga bisa bermanfaat bagi banyak orang. Tak cuma itu, ia mendoakan agar laboratorium yersebut bisa membuka banyak lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia

Dengan berdirinya Laboratorium Riset Gabungan ini, saya berharap tidak lama lagi akan ada the next Prof. Xu versi Indonesia. Yang tidak hanya menaruh hati pada riset dan inovasi, tetapi juga sukses berbisnis dan bermanfaat bagi banyak orang, khususnya dalam hal penyediaan lapangan kerja guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, kata Luhut.

Topik Menarik