Cari Makanan Olahan Berbahan Dasar Ikan Cukup di Taman Kota Kebumen

Cari Makanan Olahan Berbahan Dasar Ikan Cukup di Taman Kota Kebumen

Ekonomi | purwokerto.inews.id | Jum'at, 23 Agustus 2024 - 19:50
share

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id - Dinas Lingkungan Hidup, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kebumen memfasilitasi sejumlah kios di Taman Kota Kebumen untuk para penjual aneka produk makanan olahan berbahan dasar ikan laut maupun ikan tawar. Pembukan kios baru produk makanan olahan dari ikan yang dikelola oleh Gabungan Pengolah dan Pemasaran Hasil Perikanan (Gapoklahsar) ini diresmikan oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Jumat (23/8/2024).

Bupati Arif Sugiyanto menyambut baik dibukannya kios produk makanan olahan ikan ini. Terlebih, Kebumen merupakan salah satu kabupaten penghasil ikan terbanyak, dengan produksi tangkapan ikan lautnya yang hampir mencapai 9 juta ton setiap tahunnya.


Produk makanan olahan berbahan dasar ikan. Foto: Dok Humas Pemkab Kebumen

 

"Saya kira ini ide yang bagus dari Dinas LHKP untuk memfasilitasi para Gapoklahsar dalam memasarkan produk-produk makanan olahan yang terbuat dari ikan. Karena kita tahu potensi perikanan kita itu luar biasa, untuk hasil ikan tangkap setiap tahun kita bisa mencapai 9 juta ton, dengan nilai transaksi Rp300 miliar," kata Arif kepada wartawan di lokasi, Jumat.

Ikan, lanjut Arif, adalah makanan yang bergizi. Maka dari itu masyarakat tidak perlu jauh-jauh mencari produk olahan ikan, cukup datang ke kios yang ada di Taman Kota Kebumen. Terdapat banyak makanan yang disajikan, diantaranya seperti dimsum, somay, sempol, kripik ikan, sale ikan, serden, es krim rumput laut, gapetan dan lain sebagainya.

"Orang Jepang pintar-pintar karena gemar makan ikan. Ikan ini punya kandungan protein yang sangat tinggi, apalagi ikan laut. Kalau mau beli makanan olahan ikan silakan datang langsung ke Taman Kota. Makanannya enak-enak," tuturnya.

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kelautan dan Perikanan Kebumen Asep Nurdiana menjelaskan, dibukanya kios produk makanan olahan ikan ini adalah salah satu upaya Pemkab Kebumen untuk mendorong kemajuan UMKM, khususnya dari Gapoklahsar Mina Lawet Kebumen.

"Alhamdulillah kita bersyukur diberi tempat oleh beliau Bapak Bupati untuk memasarkan produk makanan olahan ikan dari Gapoklahsar. Kita buka di Taman Kota karena tempat ini selalu ramai dikunjungi masyarakat, sementara ruku di sini masih ada yang kosong, sehingga kita manfaatkan," ujar Asep.

Asep mengatakan, jika kios Gapoklahsar yang ada di Taman Kota Kebumen tidak menjual ikan mentah atau seefood. Sebab dikhawatirkan dapat membuat lingkungan Taman Kota menjadi tidak bersih, maka dari itu yang dijual adalah jenis makanan ringan dan makanan kering, serta aneka minuman.

Asep menyebut, di Kebumen terdapat sekitar 150 kelompok pengolahan dan pemasaran hasil perikanan (poklahsar) yang tergabung dalam satu Gapoklahsar. "Semua produk Gapoklahsar bisa dipasarkan di sini. Karena ini rumah bersama," tuturnya.

Asep juga memastikan jika produk makanan olahan ikan yang dijual halal dan sehat. Apalagi, selama ini produk Gapoklahsar telah banyak di jual di masyarakat, baik secara online maupun melalui toko-toko atau warung-warung.

Topik Menarik