Setneg Bantah Sewa 1.000 Mobil: Kami Sediakan 200-an Bus di HUT IKN

Setneg Bantah Sewa 1.000 Mobil: Kami Sediakan 200-an Bus di HUT IKN

Ekonomi | inews | Rabu, 7 Agustus 2024 - 15:01
share

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) membantah menyewa 1.000 mobil untuk keperluan mobilitas tamu negara di hari ulang tahun (HUT) ke-79 RI di IKN. Pihaknya menjelaskan telah menyediakan 200 bus untuk acara tersebut.

"Setneg tidak menyewa mobil, termasuk Alphard sejumlah 1.000 unit. Karena kami akan menyediakan angkutan bus untuk undangan yang akan menghadiri upacara HUT RI di IKN. Jumlah busnya juga tidak sebanyak itu," kata Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama dalam keterangannya, Rabu (7/8/2024).

Setya pun meminta semua pihak mengonfimasi kabar penyewaan 1.000 unit mobil tersebut ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Daerah Indonesia (Asperda) Kalimantan Timur.

"Tolong konfirmasi ke Asosiasi penyedia kendaraan Kaltim terkait angka itu," tutur dia.

Setya menjelaskan bahwa mobilisasi dari dan ke IKN khususnya kawasan KIPP, diutamakan menggunakan sarana transportasi massal yakni bus.

"Selain itu, kendaraan lain yang digunakan adalah untuk rangkaian Presiden RI dan Ibu Negara serta kendaraan contigency seperti kendaraan cadangan dan ambulance," ucapnya.

Menurut Setya akan ada kendaraan operasional yang wara-wiri, serta logistik seperti truk dan mobil box untuk membawa barang. Namun, jumlahnya hanya ratusan unit.

"Armada bus yang disiapkan oleh panpel bidang transportasi (Kemenhub dan OIKN juga Pemda setempat) jumlahnya juga hanya sekitar 200-an untuk sarana transportasi pasukan upacara dan undangan," ungkapnya.

Sebagai informasi, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Daerah Indonesia (Asperda) Kalimantan Timur, Damun Kiswanto menyebut bahwa pihaknya telah sepakat dengan Pemerintah untuk penyewaan 1.000 unit mobil.

Penyewaan tersebut untuk keperluan pergerakan tamu negara pada perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia yang akan digelar di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada 17 Agustus 2024.

"Kami bersama Kemensetneg telah menandatangani nota kesepahaman untuk pengadaan 1.000 unit mobil untuk perayaan kemerdekaan," kata Damun Kiswanto.

Topik Menarik