Smelter Freeport di Gresik Resmi Beroperasi, Pembangunan Telan Dana hingga Rp58 Triliun

Smelter Freeport di Gresik Resmi Beroperasi, Pembangunan Telan Dana hingga Rp58 Triliun

Ekonomi | inews | Kamis, 27 Juni 2024 - 18:54
share

JAKARTA, iNews.id - Smelter tembaga manyar milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur resmi beroperasi hari ini, Kamis (27/6/2024). Pembangunan smelter ini menelan biaya hingga 3,7 miliar dolar AS atau setara dengan Rp58 triliun.

Peresmian dilakukan langsung oleh Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto. Menurutnya, proses pembangunan sangat cepat karena hanya 30 bulan saja di lahan seluas 100 hektare.

"Puji syukur kita bisa hadir menyaksikan pabrik yang luar biasa, dapat terbangun dalam waktu 30 bulan sejak dilakukan groundbreaking oleh Presiden (Joko Widodo)," kata Airlangga di Peresmian Operasi Smelter Gresik.

Presiden Direktur PTFI Tony Wenas pun mengklaim smelter miliknya merupakan yang terbesar di dunia karena memiliki kapasitas hingga 1,7 juta ton.

"Ini merupakan smelter tembaga single line terbesar di dunia yang ada di Indonesia, khususnya di gresik sini, dengan kapasitas 1,7 juta ton konsentrat tembaga ton per tahun," ujar Tony dalam peresmian hari ini, Kamis (27/6/2024). 

Tony menjelaskan smelter ini juga mampu menghasilkan output 600.000 hingga 700.000 ton katoda tembaga. 

"Akan bisa dimurnikan di sini pada Desember nanti yaitu lumpur anoda yang akan menghasilkan emas dan perak, serta beberapa logam lainnya. Jumlah emasnya kira-kira antara 50-60 ton dan peraknya sekitar 220 ton per tahun," tutur dia.

Smelter akan memproduksi katoda tembaga mulai Agustus 2024 atau 6-10 minggu pascapengoperasian. Hal ini untuk memanaskan semuanya, supaya mencapai titik panas tertentu pada furnishnya.

Tony memperkirakan, produksi katoda tembaganya pertama bisa ada sekitar pertengahan Agustus 2024.

"Semoga dapat bisa dilakukan sebelum atau dalam rangkaian acara peringatan HUT kepentingan Republik Indonesia 17 Agustus," ujae Tony.

Topik Menarik