10 Jenis Barang Tambang Indonesia yang Wajib Diketahui

10 Jenis Barang Tambang Indonesia yang Wajib Diketahui

Ekonomi | BuddyKu | Selasa, 17 Januari 2023 - 13:23
share

IDXChannel - Jenis barang tambang Indonesia menjadi benda penambah pendapatan terbesar di negara kita.

Indonesia dengan kekayaan sumber daya alamnya mampu menyumbangkan bahan tambang yang cukup beragam dan menjadi komoditas yang sering dicari baik pasar dalam negeri maupun internasional

Lantas apa saja barang tambang di Indonesia? berikut tim IDXChannel ringkas dan ulaskan untuk kalian di bawah ini

Daftar 10 Jenis Barang Tambang Indonesia

Sebelum kita mengenal apa saja benda tambang asal Indonesia, kita kenal lebih dulu apa itu barang tambang? Barang tambang adalah bahan yang berasal dari perut bumi yang dalam pembuatannya memerlukan waktu berjuta - juta tahun lamanya sehingga tidak dapat diperbaharui dengan mudah.

Berikut ini ada beberapa jenis tambang di Indonesia yang sangat penting diantaranya, yaitu:

1. Emas

Indonesia memiliki tambang emas terbesar di dunia yang terletak di wilayah paling timur negara kita, yaitu PT. Freeport Indonesia. Papua. Sekarang ini emas menjadi benda yang diperhitungkan sebagai nilai kekayaan seseorang dibandingkan dengan uang. Bahkan harga emas saat ini mencapai kurang lebih Rp. 900.000/ per gramnya.

2. Perak

Setelah emas, Indonesia juga memiliki perak sebagai hasil tambangnya. Tidak seperti emas, perak sering digunakan untuk bahan dasar pembuatan logam mulia. Ada beberapa Tambang perak di Indonesia yang berlokasi di Cikotok Jawa Barat, Rejang Lebong Bengkulu, Bengkalis di Sumatra dan lain sebagainya.

3. Platina

Platina merupakan benda logam dengan ciri - ciri warna putih keperakan sampai mengarah abu kehitaman dan tidak mudah berkarat. Bahan ini sering digunakan untuk pembuatan alat medis, perhiasan serta benda komunikasi.

4. Batu Bara

Batu bara menjadi barang tambang yang paling populer dan banyak dicari untuk digunakan sebagai pengganti kayu, bahan pembuatan plastik, untuk pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) dan dahulu sebagai bahan bakar kereta api. Dan lokasi tambangnya pun tersebar luas, ada di Sumatera, Kalimantan, Jawa Barat, Sulawesi dan Papua.

5. Fosfat

Terciptanya Fosfat adalah percampuran antara batu kapur dengan kotoran kelelawar yang bersatu. Sehingga dalam pemanfaatan fosfat banyak digunakan sebagai pupuk.

6. Bijih Besi

Dalam kehidupan kita tidak akan lepas dari barang yang berbahan besi, seperti contoh bahan bangunan rumah kita. Oleh karena itu biji besi menjadi bahan tambang yang sangat dicari di seluruh dunia. Di Indonesia terdapat lokasi penambangan bijih besi yaitu Cilegon Banten, Pegunungan Verbeek di Sulawesi Tengah, Pulau Sebuku, Pulau Dermawan serta Pulau Suwang di Kalimantan Selatan dan di Cilacap Jawa Tengah.

7. Aluminium

Sebagai bahan pembuatan alat masak, aluminium menjadi bahan yang berbobot ringan serta tahan lama. Aluminum juga umumnya digunakan untuk membuat alat perkakas dan mebel. Barang ini banyak diolah di Provinsi Papua Indonesia.

8. Gas Alam

Perusahaan Gas Alam di Indonesia terdapat di daerah Bontang Kalimantan, Arun di Aceh serta di daerah Sumatera Selatan, Utara dan Jawa barat. Gas alam banyak digunakan sebagai bahan bakar kendaraan dan sering untuk berbagai usaha industri.

9. Minyak Bumi

Minyak bumi dalam pemanfaatan kehidupan sehari - hari memiliki nilai sangat penting. Apalagi bahan dini dianggap sebagai bahan tambang yang paling baik didunia karena memiliki sejuta manfaat. Termasuk didalamnya adalh untuk keperluan memasak, bahan bakar, pembangkit listrik dan lain sebagainya. Persebaran pengolah minyak bumi di Indonesia pun cukup luas, ada yang di Jawa Kalimantan bahkan ada di Maluku dan Papua.

10. Timah

Timah adalah bahan tambang yang sangat terkenal kegunaanya sebagai bahan pembuat Kaleng makanan, pembungkus permen, rokok dan juga coklat serta untuk melapisi besi supaya tidak mudah berkarat. Dari Timah Indonesia menempati posisi ke 4 di dunia sebagai penghasil terbesar setelah Malaysia, Bolivia dan Thailand.

Demikian, jenis barang tambang Indonesia yang sangat penting kegunaannya untuk kehidupan. Semoga kita dapat memanfaatkan dengan baik untuk kepentingan negara ini.

Topik Menarik