7 Deretan Kue di Indonesia yang Pakai Nama Hewan, Salah Satunya Kue Laba-laba

7 Deretan Kue di Indonesia yang Pakai Nama Hewan, Salah Satunya Kue Laba-laba

Ekonomi | BuddyKu | Rabu, 4 Januari 2023 - 15:56
share

JAKARTA, iNewsKarawang.id Artikel ini akan membahas mengenai deretan kue di Indonesia yang pakai nama hewan. Indonesia memiliki banyak makanan yang beraneka ragam dengan citarasa enak dan gurih, salah satunya kue-kue dengan nama unik menggunakan nama hewan. Hal ini seringkali membuat turis mancanegara maupun lokal menjadi penasaran dengan makanan-makanan ini.

Berikut deretan kue-kue Indonesia yang memakai nama hewan dirangkum dari berbagai sumber:

1. Kue Laba-Laba

Kue asal Jakarta ini memiliki bentuk seperti jaring-jaring laba-laba. Adapun kudapan manis ini sudah sulit mencarinya namun banyak resep yang bisa dicoba jika ingin memakannya .

2. Kuku Macan

Camilan berupa kerupuk ini memiliki rasa yang gurih dan ujung yang tajam seperti kuku macan.

Disebut kuku macan karena memang kalau diperhatikan amplang jenis ini mirip sekali dengan kuku macan, si raja hutan, dan ukurannya sekitar seujung jari kelingking atau ibu jari sehingga gampang disantap dalam satu kali suapan.

3. Kue Sarang Semut

Makanan satu yang berupa kue bolu ini berasal dari Tanah Papua. Meski namanya Sarang Semut, namun tidak berarti jika bahan utamanya menggunakan bahan berupa sarangnya semut. Kue berwarna coklat gelap ini memiliki tekstur kenyal dan legit yang dibuat menggunakan bahan layaknya membuat kue bolu. Dinamakan Kue Sarang Semut karena tampilan dalam kuenya yang berongga menyerupai sarang semut.

4. Telur Cicak

Permen yang terbuat dari kacang ini memiliki bentuk kecil seperti telur cicak namun berwarna-warni. Kudapan ini selalu menjadi favorit bagi anak kecil

5. Lidah Kucing

Kue favorit khas hari raya satu ini termasuk dalam kategori kue kering yang terbuat dari tepung terigu dan putih telur yang dipanggang dengan cetakan khusus. Bentuknya yang panjang dan tipis sehingga menjadikan kue kering ini diberi nama Lidah Kucing. Rasanya pun sangat nagih dan bikin lidah bergoyang karena teksturnya yang lembut.

6. Kuping Gajah

Camilan yang berasal dari Jawa Tengah ini memiliki rasa gurih, renyah dan manis membuat kue ini disukai banyak orang. Biasanya kue Gajah disajikan sebagai camilan saat lebaran, dan bahkan banyak ditemui ditoko-toko kue ringan.

Camilan ini memiliki nama yang unik ini dipakai karena bentuknya menyerupai telinga gajah yang tipis dan lebar.

7. Roti Buaya

Sebagaian besar masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan roti buaya. Ya, roti buaya merupakan sebuah tradisi masyarakat betawi yang kerap digunakan pada saat upacara pernikahan. Alhasil roti buaya menjadi sebuah simbol yang sangat identik dengan Jakarta.

Topik Menarik