Mana Suaranya Gen Z Kudu Kawal Pemilu 2024

Mana Suaranya Gen Z Kudu Kawal Pemilu 2024

Ekonomi | BuddyKu | Sabtu, 29 Oktober 2022 - 07:59
share

Politik rupanya masih menjadi hal yang tabu bagi generasi Z atau Gen Z. Memasuki tahun politik dan Pemilu, Gen Z dituntut melek politik. Terlebih, Indonesia segera memasuki Pemilu 2024.

Akun @ popsi.news mengungkap hasil survei yang menyebut 80 persen lebih Gen Z belum tertarik terhadap isu politik. Gen Z kudu melek politik, biar bisa kawal isu lingkungan, katanya.

Akun @ fahrul_1985 mengatakan, Gen Z kudu paham politik. Bagaimana pun kekuasaan dan kepemimpinan ada di tangan mereka di masa depan.

Saya ini generasi Y ya, merasa era kami juga bentar lagi akan mulai berakhir secara perlahan, ungkapnya.

Akun @ sijukijuki mengaku sedang menjalani penelitian fenomena Gen Z yang berkaitan dengan politik menggunakan instrument eyetracker eeg dan data science . Soalnya, nanti Gen Z akan menjadi kelompok yang berpengaruh terhadap politik Indonesia.

Gen Z sudah harus melek politik. Apalagi sudah masuk tahun politik dan harus mengawal Pemilu 2024. Nanti yang susah juga mereka kalau salah pilih atau golput, tutur @ Kokoda73174999 .

Akun @ gcapuccino mengatakan, Gen Z bukannya tidak mau melek politik, tapi sudah pasrah dengan keadaan. Mau peduli gimana, suara rakyat saja tidak pernah didengar. DPR aja kerjaannya ngapain, gaji gede doang, ujarnya.

Ironisnya, banyak Gen Z yang nggak puas sama demokrasi di Indonesia. Sebesar 32 persen Gen Z tidak puas sama penyelenggaraan demokrasi di Indonesia, ungkap @ abangabenk .

Akun @ ralaendahkrisna mengungkapkan, Gen Z lebih tertarik berbisnis dalam rangka pemulihan perekonomian masing-masing, dibanding sibuk mengurus politik.

Gen Z nggak mikirin politik. Mereka sibuk healing , timpal @ pandu_pn1 .

Akun @ bait.ins mengatakan, Gen Z perlu bimbingan sebelum terjun ke dunia politik. Siapa yang paling berperan mengajarkan pendidikan politik untuk Gen Z. Dia berharap, generasi mendatang lebih kritis.

Gen Z mana suaranya. Kalian boleh antipati terhadap politik. Tapi jangan diam saat kebijakan yang merugikan kebutuhan hidup masyarakat sehari-hari. Pilih jalur perjuangan kalian, saatnya bergerak, ujar @ su_surahman .

Akun @ Cravely_id mengungkap Gen Z sadar pentingnya suara dalam politik. Terlepas dari spektrum politik mana Gen Z berada, politik berperang penting dalam hidup Gen Z.

Lebih melek sama literasi dan isu lingkungan agar tidak mudah termakan hoaks, katanya.

Akun @ skittyzc membenarkan bahwa buta politik merupakan buta yang paling mengerikan. Dia berharap, Gen Z jangan sampai apatis dan buta akan politik.

I know politic is dirty and manipulative, but please aware , kalian harus melek. Please please, katanya. [ASI]

Topik Menarik