Banyak Orang Ingin Jadi PNS, Apa Sih Untungnya?

Banyak Orang Ingin Jadi PNS, Apa Sih Untungnya?

Ekonomi | okezone | Minggu, 15 Mei 2022 - 05:16
share

JAKARTA Bekerja menjadi seorang pegawai negeri sipil ( PNS ) masih menjadi daya tarik masyarakat. Di mana PNS masih menarik karena ada gaji tetap, belum termasuk tunjangan dan jaminan pensiun.

Berikut fakta kenapa orang pengen jadi PNS yang dirangkum di Jakarta, Minggu (15/5/2022).

1. Alasan Masyarakat Pilih Pekerjaan Jadi ASN seperti PNS

Ada beberapa alasan mengapa masyarakat memilih pekerjaan sebagai ASN seperti PNS. Jawaban ini terkuak setelah KemenPANRB melakukan survei terhadap lebih dari 15.000 responden yang merupakan ASN.

Pada survei tersebut para ASN diminta untuk menyebutkan tiga alasan utama mengapa memilih profesi ASN.

Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPANRB Alex Denni mengatakan bahwa alasan utamanya adalah ingin mengabdi kepada bangsa dan negara.

Yang paling dominan adalah lebih dari 84% responden mengatakan ingin berkontribusi langsung kepada negara, ingin melayani bangsa, ingin melayani masyarakat. Inilah alasan paling besar orang memilih ASN. Dan diantara pilihan yang lain mereka menempatkan ini sebagai prioritas, katanya dalam acara Talkshow Core Values & Employer Branding ASN, Kamis (5/8/2021).

ASN kita tentu punya pilihan untuk bekerja di BUMN misalnya, bekerja di perusahaan swasta, perusahaan asing dan lain-lain. Tapi yang memilih menjadi ASN alasan nomor satunya yang paling dominan adalah ingin berkontribusi kepada bangsa, katanya.

2. KemenpanRB Blacklist CPNS yang Curang

Sejumlah nama calon pegawai negeri sipil (CPNS) terbukti melakukan kecurangan dalam Seleksi Penerimaan CPNS 2021.

Hal ini dikonfirmasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) yang telah memasukkan nama-nama tersebut ke dalam daftar hitam (blacklist).

"Kami tidak akan berhenti mendiskualifikasi kepada calon peserta yang terlibat. Kalau bisa, kami blacklist sekalian, tidak boleh ikut seleksi berikutnya," kata Deputi SDM Kemenpan RB Alex Denni saat ekspor perkara dugaan kecurangan seleksi CPNS di Aula Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Senin (25/4/2022).

Diketahui, ada 359 orang peserta seleksi CPNS yang didiskualifikasi karena berbuat curang saat seleksi.

Lalu, berdasarkan pengembangan perkara lewat pemeriksaan para tersangka, diperoleh lagi 81 orang peserta lain yang lulus seleksi dan diskualifikasi.

Topik Menarik