Polsek Medang Kampai Gelar FGD , Berharap Jaga Kerukuran Biarpun Pandangan Politik Berbeda

Polsek Medang Kampai Gelar FGD , Berharap Jaga Kerukuran Biarpun Pandangan Politik Berbeda

Terkini | dumai.inews.id | Rabu, 2 Oktober 2024 - 10:40
share

DUMAI - Pada Selasa, 2 Oktober 2024, Polsek Sungai Sembilan Polres Dumai menggelar kegiatan Cooling System berupa Focus Group Discussion (FGD) di Jalan Raya Tanjung Penyembal, Kelurahan Tanjung Penyembal, Kecamatan Sungai Sembilan. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya menghadapi Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kota Dumai, yang melibatkan berbagai elemen masyarakat.

Kanit Reskrim Polsek Sungai Sembilan, IPDA Ahmad Harapan Tambak, S.H., yang mewakili Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, memimpin kegiatan ini. 

Dalam penyampaiannya, IPDA Ahmad menekankan pentingnya menjaga kerukunan meskipun masyarakat memiliki perbedaan pandangan politik. 

"Walaupun berbeda pilihan dalam menentukan pemimpin, baik di tingkat Kota Dumai maupun Provinsi Riau, kita harus tetap menjaga silaturahmi agar konflik di masyarakat bisa dihindari. Jangan sampai kita terpancing dengan isu-isu politik yang dapat memecah belah masyarakat," ujar IPDA Ahmad.

Lebih lanjut, IPDA Ahmad menyampaikan bahwa Polres Dumai, khususnya Polsek Sungai Sembilan, siap mengamankan seluruh tahapan Pilkada, baik Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Dumai maupun Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau. 

"Kami telah mempersiapkan operasi pengamanan Mantap Praja Lancang Kuning 2024 untuk memastikan seluruh tahapan Pilkada berlangsung aman dan tertib, terutama di wilayah Kecamatan Sungai Sembilan," jelasnya.

Selain itu, IPDA Ahmad juga mengajak seluruh pihak yang hadir dalam FGD ini untuk bekerja sama dengan Polsek Sungai Sembilan dan unsur pimpinan kecamatan (UPIKA) dalam menciptakan situasi yang kondusif selama berlangsungnya tahapan Pilkada. 

"Keamanan dan ketertiban bukan hanya tanggung jawab kepolisian, tetapi juga membutuhkan kolaborasi semua pihak. Kami berharap semua elemen masyarakat dapat berpartisipasi aktif," imbuhnya.

Diskusi yang berlangsung dalam FGD tersebut juga menyoroti situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) serta berbagai isu yang berkembang selama tahapan Pilkada di Kecamatan Sungai Sembilan. 

"Kami mengajak masyarakat untuk tetap waspada dan bijak dalam menyikapi isu-isu yang beredar, khususnya yang bersifat provokatif. Mari kita ciptakan Pilkada yang aman dan damai," lanjut IPDA Ahmad.

Dari hasil kegiatan ini, seluruh peserta yang hadir sepakat untuk mendukung upaya Polres Dumai, khususnya Polsek Sungai Sembilan, dalam menjaga situasi keamanan yang kondusif. Mereka juga berkomitmen untuk meminimalisir penyebaran isu provokatif dan potensi konflik di masyarakat. 

"Kami berterima kasih atas dukungan masyarakat yang telah siap berkolaborasi dengan kami untuk menciptakan suasana yang aman dan tentram selama tahapan Pilkada," kata IPDA Ahmad.

Topik Menarik