ISBI Membangun Kerja Sama dengan Kampung Ciibunut Sebagai Salah Satu Agensi di Bidang Perfilman

ISBI Membangun Kerja Sama dengan Kampung Ciibunut Sebagai Salah Satu Agensi di Bidang Perfilman

Terkini | cimahi.inews.id | Rabu, 23 Oktober 2024 - 15:00
share

BANDUNG, iNewsCimahi.id -  Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung melakukan kerjasama strategis dengan Kampung Cibunut dalam rangka menjaring mitra untuk persiapan BLU khususnya di bidang perfilman, Kampung Cibunut merupakan sebuah desa yang dikenal luas berkat pengelolaan sampah terbaik di kota Bandung dan potensi ekonomi kreatif yang luar biasa. 

Kolaborasi ini bertujuan untuk mengembangkan Kampung Cibunut sebagai destinasi wisata dan kampung film yang menarik, sambil memperkuat peran ISBI sebagai agensi dalam mendukung pengembangan bisnis kreatif. Riset dilakukan oleh Dara Bunga Rembulan S.Sn., M.Sn, Dra. Sriati Dwiatmini., M.Hum, Esa Hari Akbar., M.Sn dan Zihad Juliana yang berasal dari Fakultas Budaya dan Media ISBI Bandung

Kampung Cibunut, dengan berbagai penghargaan yang telah diraih, memiliki banyak potensi yang dapat dioptimalkan. ISBI Bandung, dengan sumber daya manusia dan keilmuan di bidang seni dan budaya, siap untuk memberikan dukungan yang bersifat akademis dan praktis. 

Kolaborasi ini diharapkan dapat menciptakan sinergi yang saling menguntungkan, yang pada gilirannya dapat menarik _Corporate Social Responsibility _(CSR) untuk investasi dalam p engembangan kampung.

Salah satu kegiatan utama dalam kolaborasi ini adalah melibatkan mahasiswa ISBI untuk melakukan riset lapangan di Kampung Cibunut.

 

Melalui kegiatan ini, mahasiswa akan dapat menerapkan ilmu yang didapatkan di kampus, sekaligus berkontribusi  dalam menggali dan mengembangkan potensi ekonomi kreatif yang ada.

Hasil riset ini akan dituangkan dalam bentuk _pilot project, _yang kemudian dipromosikan melalui platform YouTube. Video tersebut akan menjadi alat _soft selling _untuk menarik perhatian investor dan CSR, sehingga dapat memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan Kampung Cibunut.

"Dengan kerjasama ini, kami berharap Kampung Cibunut dapat menjadi model bagi kampung lainnyayang memiliki penduduk yang padat dalampengelolaan ekonomi kreatif dan pariwisata. ISBI Bandung tidak hanya berfungsi sebagai agensi, tetapijuga sebagai pendukung produksi untuk menjadikan Cibunut sebagai produk bisnis yang menarik," jelas Dara.

Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikandampak positif bagi masyarakat Cibunut, menciptakan lapangan kerja baru, dan mendorongpertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan melaluiindustri kreatif.

Topik Menarik