Ribuan Jemaah Tarekat Khalwatiyah Samman Pattene Dukung Danny Pomanto jadi Gubernur Sulsel

Ribuan Jemaah Tarekat Khalwatiyah Samman Pattene Dukung Danny Pomanto jadi Gubernur Sulsel

Terkini | celebes.inews.id | Rabu, 25 September 2024 - 14:50
share

MAKASSAR, iNewsCelebes.id  – Calon Gubernur Sulawesi Selatan Moh Ramadan Danny Pomanto mendapat dukungan dari Tarekat Khalwatiyah Samman Pattene. 

Dukungan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel ini saat dirinya menghadiri acara maulid Nab di rumah Syekh Andi Hidayat di Pattene Kabupaten Maros, Selasa (23/9/2024).

Juru Bicara Danny-Azhar, Asri Tadda membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, ribuan jemaah Tarekat Khalwatiyah Samman telah memberikan restu kepada Danny Pomanto sebagai kandidat Pilgub Sulsel.

"Syekh Tarekat Khalwatiyah Samman bersama ribuan jamaah mendapatkan restu doa, dan dukungan full untuk menjadi Gubernur Sulsel," ucap Asri, Selasa (24/9/2024).

Dia mengatakan, dukungan itu diberikan karena Walikota Makassar dua periode itu dianggap mempunyai perhatian ke jemaah Tarekat Khalwatiyah Samman

"Dinilai punya perhatian khusus pada Tarekat, dan menyaksikan Mahabbah yang tinggi jamaah kepada Guru, dan Nabi Saw, Alhamdulillah," jelasnya.

Diketahui, dalam sejarahnya, tarekat Khalwatiyah Samman ini dicetuskan oleh seorang ulama besar di Madinah bernama Syekh Muhammad Ibdu Abdul Kari Assmman sekitar abad ke-18. Ajaran tarekat ini menyebar sampai ke Tanah Air dan mulai besar di Sulawesi Selatan pada masa kerajaan Turikale di Maros dengan rajanya yang keempat, Andi Sanrima Daeng Parukka.

Hingga kini, jemaah tarekat Khalwatiyah Samman sudah mencapai puluhan ribu orang dari berbagai daerah di Tanah Air, bahkan di Malaysia dan Brunai. Setiap tahun, puluhan ribu jemaah ini berkumpul di Maros dalam peringatan Maulid sekaligus ziarah ke makam guru-guru mereka yang berada di tiga tempat berbeda.

Topik Menarik