Bacaan Doa Melepas Orang Pergi Haji Lengkap dengan Artinya

Bacaan Doa Melepas Orang Pergi Haji Lengkap dengan Artinya

Teknologi | BuddyKu | Selasa, 13 Juni 2023 - 11:19
share

BACAAN doa melepas orang pergi haji lengkap dengan artinya . Berangkat menunaikan ibadah haji sama dengan bentuk safar atau perjalanan jauh lainnya. Sehingga, amalan yang lebih tepat dalam kondisi ini adalah cukup membaca seperti halnya doa saat safar.

Berikut bacaan doa melepas orang pergi haji lengkap dengan artinya , sebagaimana dijelaskan dai muda asal Yogyakarta Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal M.Sc, dihimpun dari laman Rumaysho :

Ilustrasi bacaan doa melepas orang pergi haji. (Foto: Okezone)

1. Doa orang yang hendak pergi haji kepada orang yang ditinggalkan

Astawdi\'ukallaha alladzi laa tadhi\'u wa daa-i\'uhu.

"Aku menitipkan kalian pada Allah yang tidak mungkin menyia-nyiakan titipannya."

Dalilnya:

- -

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pergi meninggalkanku dan beliau mengucapkan, "Astawdiukallaha alladzi laa tadhiu wa daa-i\'uhu (Aku menitipkan kalian pada Allah yang tidak mungkin menyia-nyiakan titipannya)." (HR Ibnu Majah nomor 2825 dan Ahmad 2: 358. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan hadits ini shahih)

2. Doa orang yang ditinggalkan kepada orang yang pergi haji

Astawdi\'ullaha diinaka, wa amaanataka, wa khowaatiima \'amalik.

"Aku menitipkan agamamu, amanahmu, dan perbuatan terakhirmu kepada Allah."

Dalilnya:

- - .

Sesungguhnya Ibnu Umar pernah mengatakan pada seseorang yang hendak bersafar, "Mendekatlah padaku, aku akan menitipkan engkau sebagaimana Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menitipkan kami, lalu beliau berkata: Astawdi\'ullaha diinaka, wa amaanataka, wa khowaatiima \'amalik (Aku menitipkan agamamu, amanahmu, dan perbuatan terakhirmu kepada Allah)." (HR Tirmidzi nomor 3443 dan Ahmad 2: 7. Tirmidzi mengatakan hadits ini hasan shahih. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan sanad hadits ini hasan. Sedangkan Syekh Al Albani mengatakan hadits ini shahih)

3. Doa untuk orang yang pergi haji

Zawwadakallahut taqwa wa ghofaro dzanbaka wa yassaro lakal khoiro haytsuma kunta.

"Semoga Allah membekalimu dengan takwa, mengampuni dosa-dosamu, dan memudahkanmu di mana saja engkau berada."

Dalilnya:

- - . . . . .

Dari Anas, ia berkata, "Seseorang pernah mendatangi Nabi Shallallahu alaihi wa sallam lantas berkata pada beliau, \'Wahai Rasulullah, aku ingin bersafar, bekalilah aku\'." Beliau bersabda, " Zawwadakallahut taqwa (semoga Allah membekalimu dengan ketakwaan)." "Tambahkan lagi padaku," mintanya. Beliau bersabda, " Wa ghofaro dzanbaka (semoga Allah ampuni dosamu)." "Tambahkan lagi padaku, demi ayah dan ibuku," mintanya. Beliau bersabda, " Wa yassaro lakal khoiro haytsuma kunta (semoga Allah memudahkanmu di mana saja engkau berada)." (HR Tirmidzi nomor 3444. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan sanad hadits ini hasan. Syekh Al Albani mengatakan hadits ini hasan shahih)

Itulah penjelasan tentang bacaan doa melepas orang pergi haji lengkap dengan artinya . Wallahu a\'lam bisshawab .

Topik Menarik