Pj Gubernur Papua Pegunungan Sebut Senjata KKB Bukan dari Luar Negeri tapi Rampasan Milik TNI

Pj Gubernur Papua Pegunungan Sebut Senjata KKB Bukan dari Luar Negeri tapi Rampasan Milik TNI

Nasional | BuddyKu | Senin, 29 Mei 2023 - 16:20
share

JAKARTA, iNews.id - Kelompok Separatis Teroris (KST) atau dikenal Kelompok KriminalBbersenjata (KKB) tidak mendapatkan sokongan atau pasokan senjata dari luar negeri atau pihak asing. KKB selama ini diyakini mendapatkan senjata dari rampasan milik TNI dan Polri.

Pernyataan itu disampaikan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo usai menghadiri Pengukuhan enam anggota Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin (29/5/2023).

Itu hasil dari perampasan saja senjata-senjata itu, hasil perampasan dari TNI, menembak TNI. Seperti itu, ujar Nikolaus.

Menurutnya, tidak mudah menyelundupkan senjata dari luar negeri masuk ke Indonesia. Kita punya keamanan, pemerintahan, kan tidak sembarangan (senjata ilegal) masuk ke negara kita. Tidak sembarang barang-barang ilegal (bisa masuk), pasti ada seleksi (pengawasan) yang baik, ucapnya.

Diketahui enam kabupaten di Papua ditetapkan sebagai wilayah rawan atau zona merah KKB/KST, yakni Nduga, Yahukimo dan Pegunungan Bintang masuk wilayah Provinsi Papua Pegunungan.

Tiga lainnya, yaitu Puncak, Puncak Jaya, dan Intan Jaya berada di wilayah Provinsi Papua Tengah.

Topik Menarik