Laskar Hijau, Relawan Penghijauan Untuk Kembalikan Lingkungan Yang Rusak

Laskar Hijau, Relawan Penghijauan Untuk Kembalikan Lingkungan Yang Rusak

Terkini | bondowoso.inews.id | Rabu, 23 Oktober 2024 - 13:40
share

LUMAJANG, INewsBondowoso.id - Banyak cara untuk melestarikan alam. Di Kabupaten Lumajang ada kelompok atau organisasi yang bergerak dalam konservasi alam. Organisasi tersebut yaitu Laskar Hijau.


Laskar Hijau merupakan organisasi relawan penghijauan yang berjuang untuk mengembalikan lingkungan yang rusak.

Alam atau hutan yang rusak dikembalikan menjadi ekosistem alami melalui gerakan penghijauan dengan konsep hutan setaman.

Laskar hijau diinisiasi oleh Abdullah Al- Kudus atau biasa disapa A'ak. Organisasi ini didirikan sejak tahun 2005 dengan prinsip swadaya, yaitu semangat gotong royong dan kesukarelaan.

Laskar hijau melakukan misi penyelamatan lingkungan yang berada di kawasan Gunung Lemongan dengan melakukan gerakan menanam pohon.

Saat ini aksinya penyelamatan lingkungan yang dilakukan telah membuahkan hasil. Sedikitnya sekitar 400 hektar hutan di Gunung Lemongan sudah hijau.

Selain itu, Ranu Klakah yang merupakan danau terpenting di kawasan itu saat ini telah kembali dipadati air.

"Laskar hijau kami dirikan dengan tujuan alam dan hutan Indonesia menjadi lebih bersih dan lebih hijau dengan sistem gotong royong dan kesukarelaan," ucap A'ak.

A'ak berpesan kepada siapapun agar selalu peduli lingkungan dan menjaga kelestarian alam demi masa depan anak cucu kita.


Topik Menarik