Mengenal Yellow Caturra, Kopi Kuning di Dataran Gunung Raung Berharga Mahal

Mengenal Yellow Caturra, Kopi Kuning di Dataran Gunung Raung Berharga Mahal

Terkini | bondowoso.inews.id | Sabtu, 6 Juli 2024 - 10:40
share

Bondowoso, INewsBondowoso - Di dataran tinggi Gunung Raung Bondowoso terdapat kopi unik berwarna kuning bernama yellow catura. Kopi yang jumlahnya tidak banyak ini berwarna kuning menyala namun harganya lebih mahal karena memiliki cita rasa lebih istimewa.

Biji kopi yang biasa kita ketahui yakni berwarna hijau dan merah saat siap panen. Namun di Bondowoso ada kopi berwarna kuning menyala bernama yellow caturra.

Kopi jenis ini hanya ada di beberapa titik salah satunya di dataran Gunung Raung Kecamatan Sumber Wringin. Yellow caturra adalah salah satu varietas arabika yang membedakan dari kopi arabika biasanya adalah dari warna buahnya ketika matang yang kuning menyala.

Sementara salah satu ciri khas rasanya yakni sweet dan fruity yang kuat. Di Kabupaten Bondowoso kopi kuning tersebut mendapatkan perlakuan khusus yaitu seluruh proses mulai pra tanam hingga perawatan menggunakan bahan organik non kimia.

Untuk harga yellow caturra lebih mahal dari arabika biasanya. Para petani biasanya menjual biji basah atau cherry gelondongan dengan harga 20.000 rupiah perkilogram.

"Kopinya memang relatif mahal karena memang jarang yang tanam kopi jenis ini," ucap Suharto, Petani Kopi Yellow Caturra.


Kebanyakan pemesan kopi yellow caturra ini berasal dari luar daerah seperti Surabaya, Jakarta dan Bali.

Topik Menarik