Komentar Jokowi usai Timnas Indonesia Dikalahkan China, Tetap Optimistis Garuda Melaju

Komentar Jokowi usai Timnas Indonesia Dikalahkan China, Tetap Optimistis Garuda Melaju

Berita Utama | inews | Rabu, 16 Oktober 2024 - 12:40
share

MEDAN, iNews.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengomentari kekalahan Timnas Indonesia dari China pada laga keempat putaran ketiga Piala Dunia 2026 zona Asia. 

Tampil di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa (15/10/2024) malam, Tim Garuda takluk 1-2 dari Timnas China. Kesalahan Shayne Pattynama membuat Timnas Indonesia kecolongan gol Behram Abduweli pada menit ke-21. 

Kemudian, kelengahan pertahanan membuat Zhang Yuning (44') membawa tuan rumah unggul dua gol. Timnas Indonesia baru bisa memperkecil ketertinggalan lewat tembakan Thom Haye (86’). Tim Garuda tampil terus menekan, namun tak ada gol tambahan.

Merespons hasil mengecewakan tersebut, Jokowi mengatakan, menang dan kalah adalah hal biasa dalam permainan. 

"Ya namanya bola itu ada menang, kadang-kadang ada kalah, Kadang-kadang drop itu biasa," kata Jokowi usai meresmikan Jalan Tol Indrapura - Kisaran, Sumatera Utara, Rabu (16/10/2024).

Jokowi meminta punggawa Timnas Indonesia tetap semangat dan tidak larut dalam kesedihan atas kekalahan tersebut. Dia yakin Timnas Indonesia masih memiliki peluang lolos ke babak selanjutnya pada kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Yang paling penting tetap semangat karena kita masih memiliki peluang besar untuk masuk ke ronde berikutnya," tuturnya.

Hasil ini pun membuat persaingan di Grup C semakin ketat. Indonesia mogok di peringkat kelima dengan tiga poin, setara dengan China yang belum beranjak dari dasar klasemen. 

Puncak klasemen masih dikuasai Jepang dengan 10 poin. Di bawahnya ada tiga tim, yakni Australia, Arab Saudi dan Bahrain yang memiliki poin sama-sama 5.

Topik Menarik