Bak Film Laga, Drama Pembajakan Bus di Los Angeles Tewaskan 1 Orang

Bak Film Laga, Drama Pembajakan Bus di Los Angeles Tewaskan 1 Orang

Berita Utama | inews | Kamis, 26 September 2024 - 15:38
share

LOS ANGELES, iNews.id - Drama pembajakan bus di Kota Los Angeles, Amerika Serikat, Rabu (25/9/2024), menewaskan satu orang. Polisi menangkap pelaku, namun motif pembajakan belum dipastikan.

Petugas dari Departemen Kepolisian Los Angeles (LAPD) awalnya mendapat laporan mengenai penembakan di dalam bus tersebut sekitar pukul 01.00 waktu setempat. Seorang pria membawa senjata api memaksa pengemudi keluar dari rute semestinya.

Rekaman video menunjukkan aksi dramatis beberapa mobil polisi secara hati-hati membuntuti bus. Tampak tulisan 'Emergency' 'Call Police' dan '911' pada bus.

Pengejaran berlanjut selama lebih dari 1 jam. Bus berhenti setelah petugas menggunakan paku yang diletakkan di jalanan, meninggalkan asap dari roda.

Personel SWAT langsung mengepung bus, sememntara seorang petugas berteriak menggunakan pengeras suara untuk memerintahkan semua penumpang dan kru keluar.

"Bus Metro 5858, ini LAPD. Anda dikepung. Keluarlah dengan tangan di atas, satu per satu," kata petugas tersebut. 

Pengemudi terlihat duduk di balik kemudi dengan kedua tangan terangkat. Tim SWAT lalu masuk menggunakan granat kejut dan mengamankan pelaku. Seorang penumpang dengan luka tembak dibawa ke rumah sakit, namun dinyatakan meninggal.

Polisi memuji sikap tenang pengemudi meski nyawanya terancam. Dia menekan tombol darurat untuk memberi tahu petugas.

“Operator (pengemudi) terus mengoperasikan bus dengan cara seaman mungkin dalam situasi tersebut, dengan polisi membuntutinya selama 1 jam sebelum paku digunakan,” kata Donald Graham, wakil kepala LAPD.

Pengawas Wilayah Los Angeles Janice Hahn mengatakan kejadian ini menjadi evaluasi, sehingga otoritas bisa melakukan pendeteksian orang yang membawa senjata ke dalam bus.

"Kita perlu cara untuk mencegah orang membawa senjata ke bus dan kereta Metro," katanya.

Topik Menarik