Apa Itu Kardiomiopati, Kelainan yang Dapat Picu Terjadi Gagal Jantung

Apa Itu Kardiomiopati, Kelainan yang Dapat Picu Terjadi Gagal Jantung

Berita Utama | okezone | Kamis, 26 September 2024 - 10:00
share

Istilah kardiomiopati memang masih kurang familiar di telinga masyarakat pada umumnya. Kardiomiopati adalah istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan kelainan pada otot jantung dikarenakan sebab yang spesifik.

Jantung merupakan organ otot, apabila otot jantung mengalami perubahan struktural atau fungsional maka kemampuannya untuk memompa darah ke seluruh tubuh dapat terganggu. Kondisi demikian dikenal sebagai gagal jantung.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dengan subspesialisasi di Gagal Jantung Lanjut dan Kardiometabolik, dr. Leonardo Paskah Suciadi, Sp.JP, FIHA, FAPSC, FESC, FHFA, mengatakan sebagian besar kasus kardiomiopati dapat menimbulkan risiko terjadinya aritmia fatal dan henti jantung yang berakibat pada kematian jantung mendadak.

"Komplikasi fatal ini dapat terjadi sebagai manifestasi awal pada penderita dengan kardiomiopati, sebelum gejala lain atau gagal jantung muncul," kata dokter Leonardo dalam keterangan pers-nya.

Lantas siapa saja yang bisa terkena Kardiomiopati?

Umumnya, siapa saja dapat terkena kardiomiopati, terlepas dari usia atau jenis kelamin. Beberapa kelompok lebih berisiko terkena kardiomiopati:

Riwayat keluarga, genetik, riwayat infeksi atau peradangan jantung (miokarditis) dan penyintas kanker.

Gejala Kardiomiopati

Gejala kardiomiopati sering kali bervariasi tergantung pada jenis dan tingkat keparahan penyakit. Gejala umum yang mungkin dialami meliputi:

Sesak napas, kelelahan, pembengkakan terutama pada kaki, pergelangan kaki, dan perut, akibat penumpukan cairan. Selanjutnya nyeri dada yang dapat menyebar ke lengan, bahu, atau leher lalu berdebar hingga pingsan terutama saat sedang berolahraga.

Topik Menarik