Berapa Kalori dalam 1 Bungkus Mi Instan?

Berapa Kalori dalam 1 Bungkus Mi Instan?

Berita Utama | okezone | Senin, 23 September 2024 - 14:30
share

MI instan memang menjadi penyelamat dikala lapar dan tidak memiliki cukup uang. Oleh karena itu, banyak anak-anak kost memilih makan mie instan ketika tidak memiliki uang.

Memang pada dasarnya mie instan memiliki rasa yang enak sehingga kerap jadi pilihan. Sayangnya, banyak beredar mitos bahwa mie instan berbahaya untuk kesehatan. Terutama, jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Nah, menjawab hal ini Dokter Tirta mengaku tidak sepakat jika mie instan disebut berbahaya. Alih-alih menyebutnya berbahaya, Dokter Tirta justru menilai, mie instan lebih tepat disebut makanan yang tidak bergizi.

Ia bahkan mempertanyakan literatur atau jurnal yang memang bisa membuktikan bahwa mie instan memang benar-benar berbahaya bagi kesehatan seperti yang selama ini diklaim.

Siapa yang bilang mie instan berbahaya? Saya tantang, suruh ada jurnalnya. Suruh kasih jurnalnya. Apa yang mengatakan mie instan berbahaya?, ujar Dokter Tirta, melansir Podcast Samuel Christ.

Bahayanya harus jelas. Apakah kamu makan mie instan 50 hungkus per hari?, imbuhnya.

Dokter Tirta menilai, masyarakat sebenarnya banyak yang salah kaprah karena mengganggap mie instan sama bahayanya dengan racun. Padahal, berdasarkan penelitian, mie instan justru bisa jadi makanan yang bergizi jika dimakan menggunakan tambahan sayur dan protein seperti daging atau telur.

Lantas, berapa sih sebenarnya kalori yang terdapat dalam mi instan? Dikutip dari fatsecret, terdapat 219 kalori dalam 1 bungkus mie. Wow! Cukup banyak ya.

Untuk rinciannya sebagai berikut.

Lemak 3,3g
Kolesterol 46mg
Protein 7,22g
Karbohidrat 40,02g
Serat 1,9g
Gula 0,64g
Sodium 378mg
Kalium 61mg

Karena tingginya kalori dalam mi instan, akan sangat bahaya jika dikonsumsi terlalu sering. Dilansir dari laman Thailand Medical News, ada beberapa bahaya makan mi instan untuk kesehatan tubuh manusia.

Topik Menarik