Terlalu Banyak Kerja, Wanita Ini Alami Obesitas hingga Naik 20 Kg Setahun

Terlalu Banyak Kerja, Wanita Ini Alami Obesitas hingga Naik 20 Kg Setahun

Berita Utama | sindonews | Sabtu, 14 September 2024 - 16:46
share

Seorang wanita di China mengalami obesitas hingga berat badan naik 20 kg dalam setahun akibat terlalu banyak bekerja. Kondisi wanita ini dikaitkan dengan terkanan pekerjaan, jam kerja yang panjang atau gaya hidup yang tidak teratur.

Melalui akun Xiaohongshu pribadinya, wanita bernama Ouyang Wenjing ini mengatakan bahwa berat badannya naik dari 60 kg menjadi 80 kg setelah bekerja selama satu tahun. Meski demikian, ia tidak menyebutkan tempat bekerjanya.

Namun, kepada media China, Tiongkok Star Video ia mengatakan bahwa pekerjaannya memengaruhi kesehatan fisik dan mentalnya. Wanita 24 tahun tersebut akhirnya memutuskan bekerja pada bulan Juni dan kini merasa kondisinya jauh lebih baik.

Dilansir dari South China Morning Post, Sabtu (14/9/2024), wanita asal provinsi Guangdong, China Selatan itu mengatakan bahwa ia sering bekerja lembur, shift kerja yang tidak teratur, dan kerap memesan makanan.

Baca Juga: Obesitas Bisa Diatasi Tanpa Operasi, Begini Caranya!

 

Foto/South China Morning Post

Ouyang menceritakan bahwa berat badannya memang sempat berada di angka 105 kg saat duduk di bangku sekolah menengah. Namun, ia berhasil menurutkan bobot tubuhnya menjadi 45 kg dalam empat tahun berikutnya.

Sayangnya, pekerjaannya itu telah menggagalkan upaya penurunan berat badan tersebut. Hal ini menyebabkan berat badannya mulai naik kembali.

Ouyang sekarang memutuskan bekerja sebagai influencer lepas untuk menurunkan berat badan. Ia kini memiliki 41 ribu pengikut di Xiaohongshu. Ia menyesuaikan pola makannya dengan mengurangi minyak dan gula, dengan fokus pada makanan seimbang yang mengandung sayuran, biji-bijian, dan protein.

Ia lantas sukses menurunkan berat badan 6 kg dalam satu bulan. Berkaca dari pengalamannya, Ouyang menyarankan agar orang-orang makan lebih banyak sayur dan lebih sedikit daging serta berusaha agar pekerjaan mereka tidak mengganggu waktu makan mereka.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Bisa Cegah Obesitas yang Picu Risiko Komplikasi Penyakit

Ouyang juga menyarankan orang-orang untuk berolahraga agar tetap bugar. Pengalaman Ouyang menarik perhatian banyak orang yang juga berbagi pengalaman mereka dengan obesitas akibat terlalu banyak bekerja.

Seorang perempuan berusia 33 tahun yang bekerja di sebuah perusahaan teknologi di Shanghai mengatakan berat badannya naik 3 kg dalam dua bulan. Hal ini akibat tekanan pekerjaan, yang menurutnya menyebabkan ia terlalu banyak makan makanan penutup.

Topik Menarik