Komputer Bermasalah, Pesawat Air New Zealand Gagal Terbang ke Singapura

Komputer Bermasalah, Pesawat Air New Zealand Gagal Terbang ke Singapura

Berita Utama | okezone | Jum'at, 13 September 2024 - 12:05
share

PESAWAT Air New Zealand tujuan Singapura batal terbang akibat komputer bermasalah. Penerbangan dibatalkan sesaat sebelum pesawat lepas landas pada Selasa, 10 September 2024. 

Dalam sebuah pernyataan, kepala petugas integritas operasional dan keselamatan Air New Zealand, Kapten David Morgan, mengatakan, pesawat dengan nomor penerbangan NZ284 diputuskan tidak terbang pada Selasa malam setelah pilot mengidentifikasi masalah komputer di dalam pesawat yang memerlukan perbaikan.

Keputusan pengembalian ini diambil agar tim pemeliharaan dapat memberikan tindakan pemeliharaan (maintenance) lebih optimal dan memastikan pesawat dapat beroperasi kembali secepat mungkin. 

 

"Masalah itu tidak menimbulkan risiko keselamatan bagi penumpang di dalam pesawat," kata Morgan, mengutip 1News.

“Pelanggan yang terkena dampak akan diakomodasi kembali pada layanan berikutnya yang tersedia. Kami berterima kasih kepada pelanggan atas kesabaran dan pengertian mereka selama kami berupaya mengantarkan mereka ke tujuan,” tambahnya. 

 

Penerbangan Air New Zealand lainnya dari Auckland ke Wellington juga dialihkan ke Christchurch pada Selasa pagi, setelah laporan adanya masalah pada rem pesawat. 

Seorang saksi mata yang berada dalam pesawat NZ405 mengatakan, para penumpang diberitahu oleh awak pesawat bahwa dua rem di pesawat itu tidak berfungsi normal. Beruntung masalah itu cepat terdeteksi sehingga tidak terjadi hal buruk yang tidak diinginkan.  

Topik Menarik